Mourinho Tak Sepakat dengan Label Manajer Jangka Pendek

Jose Mourinho tak pernah lama melatih sebuah klub. Pria yang kini menukangi Manchester United itu pun dilabeli manajer jangka pendek.

Mourinho belum pernah menangani sebuah klub lebih dari tiga musim. Masa terlamanya di sebuah klub adalah saat menangani Chelsea di periode pertama, yakni pada 20042007, di mana pria Portugal itu berpisah jalan dengan klub di awal musim keempatnya.

Sejauh ini, ratarata Mourinho menghabiskan waktu 2,05 tahun di sebuah klub sebagaimana dicatat Transfermarkt. Dia pun disebut sebagai manajer jangka pendek dan hanya solusi instan untuk gelargelar saja.

Terlepas dari masa singkatnya di tiap klub yang ditangani, Mourinho memang sukses. Dia juara di Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol. Keputusan MU memilihnya pun diyakini sedikit banyak karena riwayat sukses itu, setelah mereka kesulitan sepeninggal Sir Alex Ferguson.

Mourinho mengakui dirinya memang tak pernah lama di sebuah klub, tapi menolak disebut manajer jangka pendek. Sebab dia selalu berupaya membangun sebuah tim yang bisa kompetitif dan punya daya saing yang panjang, agar tetap sukses setelah pisah jalan dengannya.

“Kalau orangorang bilang begitu karena saya pindah dari klub ke klub, mereka benar. Tapi saya tidak merasa bahwa saya manajer jangka pendek,” Mourinho berujar kepada The Times.

“Saya menyiapkan klubklub untuk meraih sukses. Saya rasa saya mempersiapkan klub dengan sebuah cara di mana ketika saya pergi, manajer yang baru tiba di sebuah klub yang top. Dan itu bukanlah jangka pendek meskipun Anda pergi.”

“Kalau Anda di sebuah klub satu atau dua tahun, atau di di pekerjaan apapun, kalau Anda meninggalkan sebuah struktur agar dia bisa lebih sukses tanpa Anda dibandingkan saat dengan Anda, itu bukanlah jangka pendek. Itu namanya jangka panjang,” imbuhnya dikutip Soccerway.