Klopp soal Peluang Main Coutinho di Etihad

Philippe Coutinho kembali berlatih bersama Liverpool setelah bermain untuk negaranya. Bagaimana peluang main Coutinho pada laga melawan Manchester City akhir pekan ini?

Coutinho belum sekali pun tampil bersama Liverpool pada musim ini karena cedera punggung dan sakit. Akan tetapi, gelandang serang berusia 25 tahun itu dua kali menjadi pemain pengganti saat timnas Brasil menghadapi Ekuador dan Kolombia di kualifikasi Piala Dunia 2018. Dia bahkan mencetak satu gol ke gawang Ekuador.
Coutinho, dan juga kompatriotnya Roberto Firmino, sudah kembali ke Liverpool dan berlatih di Melwood bersama para pemain lain pada Kamis (7/9/2017) pagi. Manajer Liverpool, Juergen Klopp, menyebut Coutinho dan Firmino dalam kondisi baik.

“Mereka berdua fit, jadi itu sangat bagus. Mereka sehat, jadi kita lihat saja,” ucap Klopp di situs resmi klub.

“Saya tahu apa yang orangorang pikirkan, tapi Phil mengalami cedera punggung beberapa pekan yang lalu dan sempat tak bisa berlatih. Jadi, itu berarti dia melewatkan sekitar tiga pekan,” lanjutnya.

Klopp kemungkinan tak akan langsung menurunkan Coutinho pada laga besar melawan City di Etihad Stadium, Sabtu (9/9/2017) besok.

“Ya, dia membela tim nasional dan berlatih normal. Tapi, sekarang kami harus mempersiapkan untuk sebuah musim normal, jadi kami punya tujuh pertandingan (sebelum jeda internasional berikutnya) dan kami melihat latihan pagi ini dan berpikir oke, mungkin kami harus langsung memainkannya karena dia sangat bagus. Tapi, itu tidak masuk akal,” kata Klopp.

“Kami sekarang harus melanjutkan dengan pramusim, tidak terlalu lama, tapi dalam beberapa sesi kami harus memberi diri kami waktu karena kami akan punya tujuh laga pada bulan depan,” katanya.

“Kami harus selalu membuat keputusan yang sama apakah dia butuh latihan atau bisakah dia bermain? dan semacamnya. Ya, dia akan lebih banyak berlatih daripada pemainpemain lainnya, tapi dia berada dalam mood yang sangat bagus dan terlihat sangat menjanjikan,” kata manajer asal Jerman itu.