Tragis! Kamerun Tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2018

Nasib tragis dialami tim kuat Afrika, Kamerun. Tim beralias Singa Perkasa itu ternyata tidak segagah julukannya karena sudah terlempar dari persaingan menuju Piala Dunia 2018.

Timnas Kamerun dipastikan tersingkir dari persaingan ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Pasukan asuhan Hugo Broos mendapat kepastian pahit itu setelah hanya bermain imbang 1-1 saat menjamu Nigeria, Senin (4/9/2017) atau Selasa pagi WIB.

Gol penalti Vincent Aboubakar (menit ke-75) sekadar menyeimbangkan kedudukan setelah Nigeria bikin gol pada babak pertama lewat Moses Simon (30′). Tiket ke Rusia melayang karena Kamerun dibebani kewajiban harus menang.

Hasil imbang tersebut membuat Kamerun baru mengoleksi 3 poin dari 4 partai di klasemen Grup B. Adapun Nigeria mantap di posisi puncak pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika ini.

 Nigeria punya 10 poin, diikuti Zambia di peringkat kedua (4 poin), sedangkan Aljazair di posisi buncit grup neraka ini (1). Aljazair memang ada di posisi terbawah, tetapi mereka masih berpeluang menyamai raihan Nigeria lantaran masih punya tiga partai sisa.

Hanya para juara dari lima grup yang akan lolos ke Piala Dunia 2018. Di antara Grup A-E Zona Afrika, baru Kamerun yang dipastikan gagal melaju ke Rusia 2018.

Hal itu jelas bencana besar bagi Tim Singa Perkasa karena mereka punya tradisi kuat sebagai juara bertahan Piala Afrika dan lolos 6 kali dari 7 pergelaran terakhir Piala Dunia.