Prediksi Inggris Vs Slovakia: Southgate Punya Metode Baru

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menerapkan metode baru dalam melatih skuadnya, menjelang pertandingan melawan Slovakia di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung Selasa dinihari nanti. Alih-alih langsung memulangkan ke klub setelah pertandingan internasional usai, Southgate akan menahan pemain selama 24 jam.

Southgate menilai langkah ini diperlukan bagi skuad The Three Lions untuk mengevaluasi pertandingan yang baru dilakoninya. Ia menilai waktu pasca pertandingan adalah saat terbaik untuk mengevaluasi permaianan tim.

“Seberapa lama pun kami berlatih, ujiannya adalah saat pertandingan. Segala sesuatu saat pertandingan harus kami review,” kata Southgate, seperti dikutip dari Mirror, Senin, 4 September 2017.

Hal ini akan diterapkan pada pertandingan melawan Slovakia di kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Selasa, 5 Agustus 2017. Southgate mengatakan para pemain akan ditahan di hotel tempat mereka menginap sebelum akhirnya dikembalikan ke klub masing-masing.

Pada umumnya, setiap laga internasional usai, para pemain akan langsung dikembalikan ke klub. Namun dengan pola seperti itu, Southgate menilai ada momen penting yang terbuang. Pengalaman Southgate sebagai mantan pemain timnas mengajarkannya bahwa hal tersebut harus dilakukan.

“Ketika saya memperkuat Inggris, saat pertandingan usai saya hanya punya dua menit bersama pemain lain, lalu diteruskan dengan konferensi pers, lalu pulang ke keluarga. Tak ada kesempatan untuk merefleksi pertandingan, ada juga ketika sebulan hingga tiga bulan setelahnya,” kata mantan pemain Middlesbrough dan kapten timnas Inggris itu.

Apalagi pagelaran Piala Dunia 2018 di Rusia semakin dekat. Southgate mengatakan evaluasi tiap pertandingan ini akan sangat dibutuhkan.

Langkah ini juga tidak akan melanggar regulasi Premier League terhadap para pemainnya. Pasalnya dalam regulasi FIFA, jadwal pertandingan kualifikasi Piala Dunia masih berjalan pada hari tersebut.