Gareth Southgate: Marcus Rashford Tebus Kesalahannya

Setelah menjadi kambing hitam atas gol kilat Slowakia, Rashford lalu membuat satu gol dan satu assist.

Marcus Rashford menjadi pusat perhatian ketika Inggris memetik kemenangan susah payah 2-1 atas Slowakia dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 di Wembley, Selasa (5/9) dini hari WIB. Pasalnya, penyerang belia Manchester United itu terlibat dalam seluruh gol yang tercipta di laga itu, termasuk gol lawan.

“Kontribusi” Rashford bagi Slowakia bahkan terjadi tiga menit selepas kick-off ketika ia kehilangan bola di area sendiri sehingga membuat tim tamu leluasa membuka keunggulan melalui Stanislav Lobotka. Rashford kemudian menebus kesalahannya dengan mengarsiteki gol penyama kedudukan oleh Eric Dier lewat sepak pojok dan mencetak gol penentu di babak kedua dari luar kotak penalti.

Menyaksikan penebusan sepadan Rashford lewat satu gol dan satu assist tersebut, manajer Gareth Southgate pun langsung melemparkan sanjungan selepas laga.

“Seperti rekan-rekan timnya yang lain, dia menunjukkan karakter yang hebat. Dia membuat kesalahan di awal laga, kemudian dia tetap bermain secara tekun dan menjadi ancaman nyata bagi lawan,” kata Southgate.

“Saya juga harus bilang, publik Wembley juga brilian malam ini. Saat tertinggal gol cepat, mereka tetap mendukung kami dan itu sangat berarti bagi para pemain,” imbuhnya.

Ditanya apakah performa Rashford ini mengingatkannya pada Michael Owen dan Wayne Rooney saat usia mereka masih 18 tahun, Southgate menjawab, “Terlalu dini [untuk menyamakan Rashford dengan Owen dan Rooney].

Rashford Southgate

“Kami harus tetap  rendah hati. Dia memang sangat menarik, itu menjadi bonus bagi kami. Dia telah menunjukkan dampaknya, tetapi perjalanan kariernya masih sangat panjang,” jelasnya.

Kemenangan ini membawa Inggris memuncaki Grup F dengan keunggulan lima poin dari Slowakia di peringkat kedua. Mereka tinggal butuh sekali kemenangan di dua laga sisa — melawan Slovenia dan Lithuania pada Oktober mendatang — untuk memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.