Laporan Pertandingan: Hongaria 0-1 Portugal Laporan Pertandingan: Hongaria 0-1 Portugal

Sepuluh pemain Hongaria mampu menampilkan pertahanan rapat sepanjang laga, tapi Andre Silva berhasil menjebolnya dan mengunci kemenangan Portugal.

Andre Silva menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Portugal atas Hongaria di Budapest, Senin (4/9) dini hari WIB. Striker AC Milan itu mencetak gol tunggal  Seleccao  dan menjaga jarak dengan Swiss di Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Pasukan Fernando Santos butuh kemenangan untuk menjaga asa lolos mudah ke Rusia 2018. Menghadapi Hongaria, sang pelatih pun tak ragu untuk menurunkan skuat terbaiknya. Cristiano Ronaldo memimpin lini depan, didukung oleh Gelson Martins dan Silva.

Ronaldo langsung mengancam gawang Hongaria di menit keenam. Bintang Real Madrid itu melepas tembakan jarak jauh yang mengarah ke sudut gawang tuan rumah. Beruntung, Peter Gulacsi mampu menepisnya keluar lapangan.

Peter Gulacsi kembali jadi penyelamat Hongaria tak lama berselang. Ronaldo unggul duel udara dengan bek-bek Hongaria dan sukses menanduk bola, tapi Gulacsi kembali menepisnya. Eks kiper Liverpool itu tampil impresif di Budapest.

Malang bagi tuan rumah, T. Priskin menerima kartu merah. Pemain Hongaria itu kedapatan menyikut Pepe dan menginjaknya. Jelas, wasit menghadiahinya kartu merah dan Hongaria harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-30.

Siapa sangka, aliran peluang Portugal malah terhenti ketika menghadapi sepuluh pemain Hongaria.  The Magyars  tampil lebih rapi dan rapat dalam bertahan. Mereka mengabaikan opsi serangan guna fokus bertahan sepenuhnya.

Meski begitu, gol tetap tercipta tiga menit setelah jeda turun minum. Berawal dari aksi individu, Ronaldo menusuk ke sisi kiri kotak penalti. Adapun bintang Madrid itu dikepung oleh dua pemain dan memutuskan untuk melambungkan bola. Andre Silva berhasil menyambutnya dengan sundulan dan membawa Portugal unggul.

Kebobolan satu gol tak mendorong Hongaria untuk mengendurkan pertahanan. Portugal tetap kesulitan menembus pertahanan tuan rumah sehingga keunggulan satu gol bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.