3 Gol 4 Menit, Belgia Lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia

Belgia menjadi negara keenam yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah berhasil menundukkan tuan rumah Yunani dengan skor tipis 2-1 dalam matchday kedelapan yang berlangsung pada Senin dini hari WIB (4/9/2017).

Dalam pertandingan Grup H Pra-Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Karaiskakis di Piraeus, ketiga gol terjadi hanya dalam rentang waktu 4 menit.

Jan Vertonghen membuka skor pada menit ke-70, namun 3 menit kemudian dibalas tuan rumah melalui Zeca alias Jose Carlos Goncalves, gelandang naturalisasi berdarah Portugal, skor 1-1. Hanya semenit berikutnya Belgia memimpin lagi lewat gol bomber Romelu Lukaku. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan itu, Belgia dipastikan menjadi juara grup dengan nilai 22 hasil tujuh kemenangan dan satu seri, sedangkan Yunani, yang baru pertama kali kalah, melorot ke posisi ketiga dengan nilai 13 hasil tiga kali menang, empat seri, dan kalah satu kali.

Belgia menjadi negara keenam yang memastikan masuk putaran final Piala Dunia 2018 setelah tuan rumah Rusia, Brasil, Iran, Jepang, dan Meksiko.

Sementara itu, Bosnia-Herzegovina naik ke posisi Grup H kedua menggeser Yunani. Nilai Bosnia 14 setelah menang atas tuan rumah Gibraltar 4-0 di Stadion Algarve di Loule, Portugal, berkat dua gol Edin Dzeko (35’, 85’), serta masing-masing satu dari Kenan Kodro (65’) dan Senad Lulic (83’).

Hasil laga matchday kedelapan lainnya di Grup H, di Stadion A Le Coq Arena di Talinn, tuan rumah Estonia menundukkan tamunya Siprus 1-0 berkat gol Mattias Kait pada injury time babak kedua.

Meski kalah, Siprus tetap di posisi keempat dengan nilai 10, diikuti Estonia di peringkat dengan nilai 8, dan Gibraltar di dasar klasemen tanpa nilai.