UEFA Investigasi Mega Transfer Neymar dan Mbappe ke PSG

Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) akan menyelidiki kemungkinan adanya pelanggaran fair play keuangan di klub asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), pada Jumat, 1 September 2017. Langkah ini diambil setelah PSG mendatangkan dua pemain baru dengan nilai fantastis, yakni Neymar dan Kylian Mbappe pada bursar transfer kemarin.

 “Investigasi akan fokus pada kepatuhan klub terhadap persyaratan impas (financial fair play). Apalagi jika mengamati aktivitas transfer klub itu belakangan,” demikian pernyataan resmi UEFA seperti dikutip dari ESPN FC.Langkah ini diambil UEFA langsung setelah bursa transfer pemain ditutup pada 31 Agustus 2017. Pada hari terakhir itu, PSG mendatangkan striker muda Prancis, Kylian Mbappe, dari Monaco dengan status pinjaman. Namun, dalam keterangan transfer, disebutkan Mbappe akan ditransfer secara resmi pada musim depan dengan harga 180 juta Euro.Harga tersebut akan menjadi rekor transfer termahal kedua setelah Neymar, yang juga pindah ke PSG. Langkah PSG yang meminjam dulu Mbappe sebelum membeli secara resmi, disebut-sebut sebagai langkah untuk mengakali regulasi fair play transfer tiap klub yabg diatur oleh UEFA.”Dalam beberapa bulan ke depan, tim investigasi dari Badan Kontrol Keuanga UEFA akan bertemu dan meneliti tiap dokumen yang terkait dengan kasus ini,” ujar pernyataan tersebut.

Umumnya, UEFA akan mereview tiap rekam jejak keuangan tiap klub pada 2018 mendatang. Mereka biasanya akan mengumpulkan dulu seluruh data keuangan tiap klub sejak tiga musim terakhir.

PSG sendiri masih yakin pihaknya tidak melanggar aturan apapun, pasca investigasi dilakukan UEFA. Mereka mengaku selalu bergerak dengan sistem yang transparan dan selalu menghormati kebijakan UEFA.

Deputi CEO PSG, Jean Claude Blanc, juga disebut-sebut telah langsung menemui pihak UEFA. Menurut pernyataan klub, ia telah mendemonstrasikan proses transfer kedatangan Neymar dan Mbappe kepada UEFA.

Pada bursa transfer tahun ini, PSG mengejutkan dunia sepak bola setelah berhasil mendatangkan bintang muda asal Brasil Neymar, dari Barcelona. Pemuda berumur 25 tahun itu dibanderol 222 juta euro (Rp 3,5 triliun). Harga itu jauh di atas harga pemain termahal sebelumnya, yaitu Paul Pogba yang didatangkan Manchester United dari Juventus.

Tak cukup mendatangkan Neymar, di akhir batas waktu transfer, giliran Mbappe yang didatangkan oleh PSG. Striker berumur 18 tahun itu memilih bergabung ke Paris setelah sebelumnya santer dikabarkan akan hijrah ke Real Madrid.