Ronaldo Hebat Tapi Tidak Bisa Dibandingkan dengan Messi

Xavi Hernandez mengakui kehebatan Cristiano Ronaldo. Tapi jika dibandingkan dengan Messi, Ronaldo tidak ada apa-apanya.

Ronaldo kembali menunjukkan tajinya ketika mencetak hat-trick ke gawang Kepulauan Faroe dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018, Jumat (1/9/2017) dinihari WIB kemarin. Itu adalah gol ke-78 Ronaldo untuk Portugal.

Pesepakbola 32 tahun itu pun sudah melebihi catatan gol Pele di level internasional dan dia hanya berjarak empat gol lagi dari catatan gol milik penyerang legendaris Hongaria Ferenc Puskas.

Ini makin menegaskan kehebatan Ronaldo dalam setahun terakhir ini di mana dia bergelimang gelar baik di level klub maupun timnas. Trofi Ballon d’Or tahun ini pun tampaknya takkan jauh-jauh dari Ronaldo.

Kalau sudah begini, tentu Ronaldo akan kembali dibanding-bandingkan dengan Messi yang pencapaiannya justru di bawah rivalnya itu dalam setahun terakhir ini. Meski demikian, bagi Xavi, Messi tetaplah yang terbaik.

“Messi itu sangat ahli dalam hal individual dan juga tim,” ujar Xavi kepadaMarca.

“Tapi untuk Ronaldo, dia butuh kerja keras untuk bisa seperti itu. Messi melakukannya dengan baik,” sambungnya.

“Jika seorang pelatih bilang ‘Semua pemain harus bantu pertahanan’ maka Messi pun akan dengan sempurna melakukannya.”

“Jika Anda minta Ronaldo untuk bermain hanya dengan satu atau dua sentuhan, maka saya tidak tahu apakah dia bisa jadi yang terbaik. Ronaldo itu penembak jitu, dia luar biasa dalam hal itu dan pemain bersejarah.”

“Tapi Anda tidak bisa bandingkan dia dengan Messi. Dia pemain terbaik di Barcelona dan dia juga jadi yang terbaik meski main untuk Simeone di Atletico Madrid,” tutup Xavi.