Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Peru Hajar Bolivia, Mengancam Argentina

Peru meramaikan persaingan perebutan tiket ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah dalam laga terakhir matchday ke-15 babak kualifikasi zona Amerika Selatan menaklukkan Bolivia dengan skor tipis 2-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Jumat pagi WIB (1/9/2017) di Stadion Monumental di Lima, tuan rumah Peru membekuk tamunya melalui dua gol yang dikonbtribusi Edison Flores ketika babak kedua berjalan 10 menit dan Christian Cueva berselang 4 menit kemudian.

Bolivia, yang sebelum pertandingan dimulai memang telah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia, seperti juga Venezuela, hanya mampu memberi sebiji gol balasan melalui kontribusi Gilbert Alvarez pada menit ke-72.

Dengan mendapatkan tambahan 3 angka, Peru saat ini bertengger di peringkat keenam klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan dengan koleksi 21 angka, sama dengan Paraguay. Namun, Paraguay memiliki selisih gol lebih buruk, sehingga menempati posisi ketujuh.

Kemenangan Peru memperketat persaingan untuk lolos ke Rusia, bahkan mengancam tim favorit Argentina. Saat ini selisih poin peringkat kedua yang diisi Kolombia dengan peringkat ketujuh Paraguay hanya 4. Nilai Kolombia 25, diikuti Uruguay 24, Chile dan Argentina 23, serta Peru dan Paraguay 21.

Dari 10 peserta Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, hanya empat tim teratas yang langsung lolos ke Rusia, sementara tim yang finis di posisi kelima harus beradu dengan juara zona Oseania yang masih diperebutkan antara Selandia Baru dan Kepulauan Solomon.

Baru Brasil yang telah dipastikan lolos ke Rusia, bukan hanya dari zona Amerika Selatam, tetapi seluruh zona sedunia. Brasil kini memuncaki klasemen sementara zona Amerika Selatan dengan nilai 36 dan dipastikan di posisi teratas Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Jadwal pekan ke-16 Rabu pagi WIB (6/9/2017): Bolivia vs Chile, Kolombia vs Brasil; Ekuador vs Peru, Argentina vs Venezuela, Paraguay vs Uruguay.