Tato Sebabkan Stamina Pemain Berkurang

Sebagian besar pemain top dunia memiliki tato dengan berbagai bentuk dan warna. Posisi tato mereka pun menyebar di seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Tetapi menurut penelitian terbaru, tato ternyata membawa petaka, karena bisa merusak kesehatan sang pemain. Seorang akademisi dari Jerman mengatakan, tato sangat berdampak pada kinerja dan kekuatan pemulihan cedera pemain.

Dr Ingo Frobose dari Universitas Olahraga Jerman Koeln meminta klub untuk melarang para pemain memiliki tato, karena tinta tato adalah racun.

Frobose, 60, mengatakan, “Saya melarang pemain sepakbola bertato. Klub perlu memperhatikan semua aspek kecil terkait kesehatan pemain mereka secara serius, namun sayangnya mereka sama sekali tidak peduli dengan perilaku ini.”

“Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pemain mengalami penurunan tiga sampai lima persen tingkat kinerja setelah memiliki tato.”

“Kulit adalah organ terbesar yang kita miliki, namun kita meracuni kulit itu. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa 60-70 persen tinta dari tato tidak menempel di kulit, tetapi masuk ke aliran darah.”

“Akibatnya, kekuatan pemulihan cedera seseorang semakin lama, dan Anda tidak lagi segar seperti sebelumnya. Kelenjar getah bening hijau dan biru bisa menjadi konsekuensinya. Dan tato besar bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk berkeringat dan mengatur suhunya,” kata dia.

Bintang sepakbola Inggris saat ini, Joe Hart dan Raheem Sterling memiliki tato di tangan. Pemain Manchester United, Zlatan Ibrahimovic dan Marcos Rojo keduanya memiliki tato hampir di sekujur tubuhnya.

Pemenang Ballon d’Or lima kali Lionel Messi juga memiliki tato di seluruh kaki kirinya yang berbentuk kaos kaki, sementara Sergio Ramos dari Real Madrid juga memiliki beberapa tato di tubuhnya.

Mantan pemain Madrid dan United, David Beckham terkenal menjadi salah satu pemain berprestasi paling tinggi yang memiliki tato yang banyak. Namun peraih empat anugerah Ballon d’Or Cristiano Ronaldo justru sama sekali tak memiliki tato. Tubuh pemain yang telah tiga kali membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions ini bebas dari rajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *