Liverpool Gasak Arsenal 4-0 di Anfield

Liverpool menggasak Arsenal di pekan ketiga Liga Inggris 2017/2018. The Reds menang dengan skor telak, 40.

Bertanding di Anfield, Minggu (27/8/2017), Arsenal membuat perubahan di lini depannya. Manajer Arsene Wenger membangkucadangkan Alexandre Lacazette dan memasang Danny Welbeck.

Alexis Sanchez juga kembali diturunkan setelah sempat absen di dua laga sebelumnya. Sementara di lini belakang, Sead Kolasinac dicadangkan dan memasang Rob Holding.

Namun tidak ada perubahan signifikan dari performa Arsenal. Mereka justru dibenamkan Liverpool dengan skor 40 yang tampil apik sepanjang laga.

Roberto Firmino membuka keunggulan di menit ke17, disusul Sadio Mane pada menit 40. Mohamed Salah memperbesar keunggulan di menit ke57, sebelum Daniel Sturridge mengakhir pesta gol tuan rumah di menit ke77.

BBC mencatat Liverpool sangat mendominasi jalannya laga dengan melepaskan 18 shots dan 9 yang on target. Sebaliknya Arsenal cuma melakukan 8 shots dan tidak ada yang tepat sasaran.

Kemenangan ini membuat Liverpool mengoleksi poin 7 hasil sekali imbang dan dua kemenangan. Sebaliknya Arsenal menelan kekalahan keduanya secara beruntun dan turun ke peringkat 16 dengan poin tiga.

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung menekan Arsenal di awal laga. Peluang pertama didapat Emre Can. Crossing Alberto Moreno bisa disundul, namun bola masih melenceng dari gawang Petr Cech.

Peluang emas didapat Liverpool empat menit berselang. Can melepaskan crossing mendatar menuju Mohamed Salah, namun sontekan pemain asal Mesir masih bisa digagalkan Cech.

Arsenal cukup kesulitan di menitmenit awal, dengan cuma mengandalkan serangan balik. Barisan pertahanan Liverpool dengan mudah meredam pergerakan Welbeck yang dipasang sendirian di depan.

Di menit ke17, Liverpool unggul berkat aksi Firmino. Crossing terukur Joseph Gomez disundul pemain asal Brasil itu. Bola memantul ke tanah dan tidak bisa ditangkap Cech. Tuan rumah memimpin 10.

Liverpool nyaris menggandakan kedudukan semenit berselang. Jordan Henderson bisa menyambut umpan terobosan Firmino, tapi bola sontekannya masih melebar dari gawang.

Di menit ke31, Mane mengancam gawang Cech. Bola liar hasil crossing langsung diserobot Mane dengan tendangan voli, namun ia gagal mengarahkannya ke gawang.

Di menit ke40, Mane akhirnya mencatat namanya di papan skor. Serangan balik cepat yang dikreasi Firmino diteruskan Mane dengan tendangan keras yang gagal dibendung Cech. Liverpool unggul 20 yang bertahan hingga istirahat.

Babak kedua dimulai, Arsenal coba menekan balik Liverpool. Namun rapatnya lini belakang lawan membuat Arsenal masih kesulitan menciptakan peluang.

Liverpool yang sedikit bersabar, justru bisa memperbesar keunggulan pada menit ke57. Salah bisa mencuri bola dari kaki Bellerin, lalu menggiringnya dari daerah sendiri ke kotak penalti Arsenal. Tanpa kesulitan, ia menaklukkan Cech dengan mengirim bola ke pojok kanan bawah gawang Arsenal. Liverpool memimpin 30.

Arsenal menarik Sanchez dan Chamberlain dan memasukkan Lacazette serta Oliver Giroud. Tidak perubahan berarti di lini serang mereka.

Gawang Arsenal justru dibobol barisan depan Liverpool di menit ke77. Daniel Sturridge yang baru tiga menit di lapangan, ikutan merobek gawang Cech setelah memanfaatkan umpan Salah dari sisi kiri. Tandukannya gagal dibendung kiper yang juga mantan rekannya di Chelsea itu. Keunggulan Liverpool menjauh jadi 40.

Di sisa waktu pertandingan, Arsenal tak mampu berbuat banyak. Alihalih berusaha memperkecil kedudukan, Arsenal justru terus dibuat ketarketir oleh barisan depan Liverpool. Hingga peluit panjang berbunyi, kemenangan 40 Liverpool atas Arsenal tak berubah.