Sanjungan Klopp untuk Wenger

Liverpool akan menjamu Arsenal pada akhir pekan ini. Jelang pertemuan itu, Juergen Klopp menyanjung Arsene Wenger.

Wenger sudah membesut Arsenal sejak 1996 dan baru mendapat tambahan durasi kontrak dua tahun pada Mei lalu. Namun, keputusan manajemen Meriam London mempertahankan The Professor menuai reaksi negatif untuk sebagian fans Arsenal.

Sebelumnya, fans menganggap bahwa masa keemasan Wenger bersama Arsenal sudah habis. Pria asal Prancis itu tak bisa mempersembahkan trofi Premier League yang terakhir didapat pada 2004. Lebih buruknya lagi, musim lalu dia gagal membawa Arsenal merebut tiket ke Liga Champions.

Pada akhir pekan lalu pun, Arsenal harus kalah 01 dari Stoke City, setelah di laga pembuka liga musim ini harus susah payah mengalahkan Leicester City dengan skor 43.

Nah, pada Minggu (27/8/2017) pukul 22.00 WIB, Wenger akan mendapat ujian dari Liverpool di Anfield, yang sejauh ini sudah meraih empat poin dari dua laga di liga. Jelang laga tersebut, Klopp memberi sanjungan kepada pria 67 tahun itu.

Menurut pria asal Jerman itu, Wenger lebih tahu apakah masih sanggup menanggani Arsenal atau tidak. Klopp bahkan sangat menghormatinya dengan apa yang sudah dipersembahkan untuk dunia sepakbola.

“Jelas, Wenger mencintai apa yang ia lakukan. Jelas, ia merasa memiliki semua energi yang ia butuhkan untuk melakukannya. Ia satusatunya orang yang bisa menilai ini selain manajeman di Arsenal, yang memikirkan hal yang sama dan memperpanjang kontraknya,” kata Klopp seperti dikutip Soccerway.

“Setelah masa yang panjang, luar biasa, penuh kesukesan, selalu berada di Liga Champions, selalu nyaris memenangkan banyak hal, Anda bisa merasakan bahwa beberapa orang tidak menginginkan Anda lagi. Saya tidak memahaminya,” sambungnya.

“Satusatunya hal yang bisa saya katakan adalah saya sangat menghormatinya. Saya sangat menghormati semua hal yang telah dilakukannya di masa lalu, bagi Arsenal tapi juga untuk sepakbola pada umumnya. Ia adalah manajer yang sangat, sangat besar dalam sejarah Premier League, sepakbola, apapun. Ia masih memiliki kekuatan dan itu semua yang Anda butuhkan. Saya senang ia masih berada di sana,” tandasnya.

Klopp sejauh ini sudah bertemu dengan Wenger sebanyak sembilan kali. Dia berhasil meraih empat kemenangan, dua imbang, dan tiga kekalahan. Sejak melatih Liverpool, dia belum pernah kalah saat bertemu Arsenal dengan catatan dua kali menang dan satu imbang.