Kubur Impian Persembahkan Emas, Indonesia Tumbang 0-1 Di Tangan Malaysia

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 harus menerima kenyataan gagal memetik kemenangan dari Malaysia dalam babak semifinal SEA Games 2017. Skuad Garuda Muda takluk 0-1 dari tim tuan rumah melalui gol yang dicetak Thanabalan Nadarajah di menit 86. Hasil itu pun membuat Indonesia harus kembali mengubur mimpi mempersembahkan emas di ajang SEA Games.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Indonesia sudah mengambil inisiatif serangan lebih dahulu. Tidak peduli bermain di kandang lawan, Evan Dimas dan kawan-kawan mencoba mencuri keunggulan lebih dahulu.

Kesempatan emas pertama bagi Indonesia hadir di menit ke-13. Berawal dari kesalahan kiper Malaysia, Muhammad Haziq, yang keluar dari sarangnya, Yabes mencoba melakukan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Namun sayang, sepakannya tersebut masih dapat dapat diblok bek Malaysia.

Memasuki menit ke-28, giliran Tim Harimau Malaya yang mengancam gawang Indonesia. Sepak pojok yang diambil oleh pemain Malaysia langsung mengarah tepat ke mulut gawang Indonesia. Beruntung, Satria Tama masih sigap menghalau sepakan tersebut.

Di menit ke-34, Malaysia kembali mendapat kesempatan emas, kali ini melalui Muhammad Safawi, yang berhasil merangsek ke wilayah pertahanan Indonesia. Namun demikian, tendangan kaki kirinya masih melambung jauh tak tentu arah. Skor masih sama kuat 0-0.

Satu menit berselang, giliran Indonesia yang mendapat kesempatan berharga. Adalah Febri Hariyadi yang mencoba peruntungannya dari sisi kanan pertahanan Malaysia. Mendapat celah sedikit, Febri pun langsung melepaska tendangan keras. Namun sayang, bola masih mampu dibendung Haziq.

Tim Garuda Muda kembali mengancam pertahanan Malaysia di menit ke-40. Ezra Walian sukses menerima bola umpan terobosan. Namu sayangnya, bola di kaki Ezra dapat segera diamankan oleh bek Malaysia. Hingga babak pertama berakhir, tak ada satu gol pun tercipta. Indonesia kontra Malaysia masih 0-0.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, baik Indonesia maupun Malaysia terlihat berhati-hati dalam bermain. Pasalnya, kedua kesebelasan jelas tak ingin ada yang kebobolan lebih dahulu. Hal itu tentu akan berpengaruh besar pada jalannya pertandingan.

Peluang pertama paling bagus yang didapat Indonesia adalah di menit 63. Menerima umpan tarik dari Febri, Evan Dimas langsung merangsek ke sisi kiri gawang Malaysia. Namun sayangnya, sepakan Evan Dimas masih menyamping.

Tak berhenti sampai di situ, skuad Garuda Muda kembali mendapat peluang di menit 66. Ezra Walian berhasil mendapat umpan dan merangsek ke jantung pertahanan Malaysia. Namun peluang itu terbuang percuma lantaran Ezra terlalu lama mengolah bola.

Di menit ke-70, giliran Malaysia yang mendapat kesempatan emas. Berawal dari tendangan bebas, Jafri dengan sigap langsung menanduk bola yang diumpankan kepadanya. Kendati demikian, sundulan itu masih belum berujung gol karena terlalu melebar.

Memasuki menit 77, Malaysia kembali mengancam gawang Indonesia. Kali ini melalui Asnawi yang berhasil mengobrak-abrik pertahanan Indonesia, beruntung barisan pertahanan Indonesia masih rapi dan dapat memblok peluang tersebut.

Malaysia pada akhirnya membuka keunggulan lebih dulu di menit 86. Berawal dari sepak pojok, Thanabalan yang berdiri tanpa pengawalan, dengan mudahnya menyundul bola ke dalam gawang Indonesia. Satria Tama tak mampu menahan laju bola tersebut. Skor kini 1-0 untuk keunggulan Malaysia.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Malaysia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 atas Indonesia. Hasil tersebut pun lantas membuat Indonesia secara otomatis gagal melaju ke partai final.

Susunan Pemain:

Indonesia: Satria Tama; Rezaldi, Ricky Fajrin, Andy Setyo, Putu Gede; Hanif, Evan Dimas, Febri Haryadi, Septian David (Saddil Ramdani 60’), Yabes Roni, Ezra Walian (Osvaldo Haay 71’)

Pelatih: Luis Milla

Malaysia: Haziq; Thomas, Adib, Adam, Syazwan, Irfan; Nor Azam, Syamer; Safawi, Kumaahran (Jafri 23’), Thanabalan (Syahmi 90’)

Pelatih: Ong Kim Swee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *