Diredam Burnley 1-1, Tottenham Kembali Gagal Menang di Wembley

Jakarta Tottenham Hotspur masih dihantui hasil buruk di Stadion Wembley. Saat menjamu Burnley di pekan ketiga Premier League, The Lilywhites harus puas dengan skor 11.

Setelah bermain 00 di babak pertama, Spurs bisa membuka keunggulan di awal babak kedua melalui Dele Alli. Tuan rumah kemudian menciptakan banyak peluang yang membuat mereka terlihat akan memenangi laga.

Tapi saat gol kedua tak kunjung datang, tim tamu malah bisa mencuri gol. Di periode injury time Burnley menyamakan kedudukan jadi 11.

Ini menjadi kali kedua beruntun Tottenham gagal menang di kandang sementara mereka, Stadion Wembley. Pekan lalu mereka dipermalukan Chelsea di tempat yang sama.

Sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah di tiga pertandingan pertama, Tottenham kini ada di posisi sembilan klasemen dengan poin empat. Sementara Burnley menguntit persis di bawahnya dengan poin sama.

Jalannya Pertandingan

Tottenham langsung menekan di menitmenit awal pertandingan melalui Harry Kane. Tapi sepakannya saat laga belum genap berusia satu menit masih terhalau Ben Mee.

Burnley, yang dipekan pertama membuat kejutan saat menundukkan Chelsea, bukannya diam saja. Mereka berulang kali menekan Spurs hingga sepertiga pertahanan. Salah satu peluang yang dipunya adalah ketika umpan yang dilepaskan Robbie Brady ternyata mengarah ke gawang dan memaksa Hugo Lloris berjibaku menghalaunya.

Spurs bermain sabar di 10 menit pertama, menghadapi Burnley yang rapat menjaga pertahanannya. Lewat serangan yang terbangun rapi Christian Eriksen mencoba melepaskan tembakan jarak jauh. Tapi upayanya tak membuahkan hasil karena bola terhalang bek lawan.

Peluang terbaik Spurs di babak pertama datang pada Kane. Menerima umpan yang dilepaskan Davies dari sisi kiri, Kane yang berdiri di muka gawang melepaskan tembakan dengan kaki kanannya. Sekali lagi bola gagal masuk gawang karena terhalau kaki James Tarkowski.

Laga di Stadion Wembley, Minggu (27/8/2017) malam WIB ini pun tuntas 00 di 45 menit pertama.

Di babak kedua, Spurs hanya butuh waktu empat menit untuk akhirnya bisa memecah kebuntuan. Dari tendangan sudut, terjadi kekacauan di kotak penalti Burnley, Alli yang berada di muka gawang melepaskan tendangan keras yang mengubah kedudukan jadi 10.

Pada pertengahan babak kedua, Burnley punya peluang menyamakan kedudukan. Tapi tendangan Brady ke arah tiang dekat masih bisa dihalau Lloris.

Dua menit kemudian, tepatnya di menit 73, Kane punya peluang emas menambah keunggulan timnya. Namun tembakan yang dia arahkan ke tiang jauh untuk meneruskan bola yang datang dari sisi kiri bisa dihalau kiper dengan brilian. Kutukan Agustus sepertinya masih berlaku buat Kane.

Spurs punya beberapa peluang untuk memperbesar keunggulan. Namun mereka tak kunjung mampu menyudahi permainan dengan mencetak gol kedua. Ini akhirnya harus dibayar mahal karena Burnley mampu membuat gol penyama di menit kedua periode injury time.

Muncul dari sisi kiri, Chris Wood terlepas dari pengawasan bek Tottenham saat dia berhasil menyambar umpan panjang dari tengah lapangan. Sepakan dia dari dalam kotak penalti memupus kemenangan yang sudah di depan mata Spurs.