Cetak Gol Perdana di Timnas Indonesia U-22, Ini Kata Ezra Walian

Pemain naturalisasi asal Belanda, Ezra Walian, akhirnya mampu membikin gol bersama timnas Indonesia U-22. Ia menyumbang satu gol saat Indonesia mengalahkan Kamboja 2-0 pada pertandingan SEA Games 2017 Grup B melawan Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis, 24 Agustus 2017.

Gol perdana pemain keturunan Indonesia-Belanda itu tercipta pada menit 56 atau tiga menit setelah masuk untuk menggantikan Ricky Fajrin yang ditarik keluar oleh pelatih Luis Milla.

Proses untuk menciptakan gol pembuka bagi timnas Merah Putih ini terbilang cukup susah karena diawali dengan kemelut di depan gawang Kamboja yang dikawal oleh Keo Soksela. Pemain dengan nomor punggung 10 itu mampu melesatkan bola yang tidak dijangkau kiper lawan.

Penampilan Ezra bersama timnas di SEA Games bukan yang pertama. Sebelum melawan Kamboja, mantan pemain Jong Ajax ini juga dimainkan saat timnas menghadapi Thailand, Filipina, maupun Timor Leste.
Hanya saja, pemain berusia 20 tahun ini belum bisa tampil maksimal. Apalagi Ezra juga terlambat gabung dengan Evan Dimas dan kawan-kawan saat menjalani pemusatan latihan sebelum tampil di kejuaraan dua tahunan ini.

“Saya senang bisa mencetak gol. Gol ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” kata Ezra dengan singkat saat ditemui saat mau masuk bus yang akan mengantarnya pulang ke hotel.

Gol Ezra benar-benar menjadi penyemangat bagi pemain lain. Terbukti permainan timnas pada babak kedua jauh lebih baik dibandingkan babak pertama. Koordinasi antarlini mulai berjalan sehingga lebih banyak peluang untuk menciptakan gol tambahan.

Febri Haryadi akhirnya mampu menambah keunggulan timnas Garuda pada menit 70. Keunggulan 2-0 itu bertahan hingga pertandingan usai. Hasil ini membawa timnas lolos ke babak semifinal dengan posisi sebagai runner-up Grup B dengan nilai 11.

Di babak semifinal timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Malaysia. Sedangkan Thailand akan menghadapi Myanmar. Kedua laga ini akan digelar Sabtu, 26 Agustus 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *