Sterling Selamatkan City dari Kekalahan

Manchester Manchester City harus berterima kasih kepada Raheem Sterling. Gol Sterling ke gawang Everton pada menitmenit akhir menyelamatkan City dari kekalahan dan membuat laga berakhir imbang 11.

Menjamu Everton di Etihad Stadium, Selasa (22/8/2017) dinihari WIB, City sedikit mengubah susunan pemain mereka dibandingkan laga sebelumnya. Posisi bek sayap kiri yang sebelumnya diisi Danilo kali ini ditempati oleh Leroy Sane.

Sementara itu, Everton juga memakai formasi tiga bek dengan memasang Ashley Williams, Michael Keane, dan Phil Jagielka. Di lini depan, tim tamu mengandalkan Dominic CalvertLewin yang disokong oleh Wayne Rooney.

City mendominasi jalannya permainan dari awal hingga akhir. Tapi, mereka justru dikejutkan oleh gol Rooney pada menit ke35.

City makin terjepit setelah bek sayap kanan mereka, Kyle Walker, diganjar kartu merah pada babak pertama. Hingga turun minum, mereka masih ketinggalan 01.

Kontrol permainan masih jadi milik City pada babak kedua meski mereka kalah jumlah pemain. Kerja keras tim tuan rumah untuk menyamakan skor baru membuahkan gol pada menit ke82 lewat pemain pengganti Raheem Sterling.

Dengan hasil ini, City menduduki posisi kelima di klasemen sementara Premier League dengan poin empat dari dua laga. Everton yang punya poin sama berada di posisi kedelapan.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama didapatkan City pada menit kedua. Nicolas Otamendi melepaskan tembakan jarak jauh, tapi tembakannya dengan mudah ditangkap oleh penjaga gawang Everton, Jordan Pickford.

Everton meresponsnya melalui aksi Dominic CalvertLewin. CalvertLewin mencoba mencetak gol lewat tembakan diagonal, tapi arah bola masih melebar.

Karena kesulitan untuk menembus kotak penalti Everton, City mencoba tembakantembakan jarak jauh. Sepakan Gabriel Jesus pada menit ke12 tak mengarah ke sasaran, sedangkan tembakan Kevin De Bruyne empat menit kemudian diamankan oleh Pickford.

City yang terus mendominasi permainan punya peluang lagi pada menit ke26. Tembakan keras Otamendi mengarah ke gawang, tapi Pickford menjatuhkan diri untuk menepis bola.

Sergio Aguero membuang sebuah kesempatan bagus pada menit ke33. Aguero sebenarnya sempat punya ruang tembak ideal di kotak penalti Everton, tapi dia terlalu lama menggiring bola dan ketika menembak tembakannya dengan mudah diblok bek Everton.

Pada menit berikutnya, City nyaris memimpin. Tapi, sepakan David Silva cuma mengenai tiang gawang.

Saat seranganserangan City tak kunjung berbuah gol, Everton justru berhasil mengejutkan mereka pada menit ke35 lewat gol Rooney. Dalam sebuah serangan balik, operan CalvertLewin disambar Rooney untuk membawa tim tamu memimpin 10.

Wayne Rooney merayakan golnya ke gawang Manchester City (Phil Noble/Reuters)
Pada menit ke44, City punya kans untuk menyamakan skor lewat Gabriel Jesus. Namun, tembakan Gabriel Jesus dari jarak dekat mengarah tepat ke tangkapan Pickford.

Beberapa saat setelahnya, City malah kehilangan satu pemain. Walker diusir setelah menerima kartu kuning kedua akibat melanggar CalvertLewin. Dua menit sebelumnya, bek kanan City itu kena kartu kuning garagara menekel Leighton Baines.

Kyle Walker dikartu merah oleh wasit Robert Madley (Stu Forster/Getty Images)
Babak pertama berakhir dengan skor 10 untuk keunggulan Everton. Sementara itu, City harus menjalani babak kedua dengan sepuluh pemain.

Kendati kalah jumlah pemain, City tetap menguasai jalannya permainan pada babak kedua. Sebaliknya, Everton lebih memilih untuk fokus bertahan.

Manajer Everton, Ronald Koeman, mencoba mengubah keadaan dengan memasukkan dua pemain yang berkarakter menyerang, Gylfi Sigurdsson dan Davy Klaassen. Sementara itu, City yang tak kunjung menyamakan skor menurunkan Danilo dan Bernardo Silva.

Kerja sama Aguero, David Silva, dan Bernardo Silva pada menit ke71 menghasilkan peluang untuk City. Tapi, penyelesaian Bernardo Silva masih melenceng. Pada menit berikutnya, tembakan jarak jauh Sterling melambung.

Sterling kembali membuang peluang pada menit ke74. Tembakannya dari dalam kotak penalti melambung tinggi.

Tusukan Danilo pada menit ke77 mengancam gawang Everton. Sial buat bek asal Brasil itu, tembakan kaki kirinya dimentahkan Pickford.

Kerja keras City akhirnya berbuah gol penyama pada menit ke82 setelah Sterling menjebol gawang Everton. Gol ini berawal dari umpan silang Danilo yang coba dihalau oleh Mason Holgate. Tapi, sundulan Holgate justru mengarah ke Sterling. Tanpa ampun, Sterling menyambarnya dengan tembakan first time untuk mengubah skor jadi 11.

Tembakan Raheem Sterling berbuah gol penyama untuk Manchester City (Phil Noble/Reuters)
Everton akhirnya juga harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke89. Morgan Schneiderlin diganjar kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Aguero.

Di sisa waktu, City menggempur Everton habishabisan. Namun, upaya mereka mencetak gol kedua tak sukses.