PREVIEW SEA Games 2017: Vietnam – Indonesia

Indonesia bakal mengandalkan kecepatan sayap, sementara Vietnam enggan terlalu percaya diri.

Timnas Indonesia bakal melanjutkan pertarungannya dalam lanjutan Grup B SEA Games 2017. Kali ini Vietnam menjadi lawan yang bakal dihadapi skuat Merah Putih tersebut di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Selangor, Selasa (22/8).

Poin penuh menjadi target yang diusung armada Luis Milla pada partai ini. Mengingat hasil dari pertandingan nanti bakal berpengaruh dengan kiprah mereka di ajang multievent terbesar kawasan Asia Tenggara tersebut.

Akan tetapi misi tersebut tidaklah mudah. Mengingat timnas Indonesia bakal kehilangan pilar andalannya di lini tengah, Evan Dimas, karena akumulasi kartu kuning. Ofisial tim pun sudah mengajukan banding, namun sampai sekarang belum dikeluarkan keputusannya terkait masalah Evan.

Mengantisipasi absennya Evan, timnas Indonesia sudah mempersiapkan dua pemain yakni Muhammad Hargianto dan Hanif Sjahbandi. Mereka bakal diplot memberikan aliran bola dari tengah serta mengatur ritme permainan seperti tugas Evan kala bermain.

Asisten pelatih timnas Indonesia Bima Sakti, menyebutkan sudah meminta masukan dari sejumlah pemainnya agar bisa memetik poin penuh dari Vietnam. Ia juga menyebut mempelajari kelemahan lawannya berdasarkan laga yang telah digulirkan.

“Sudah banyak masukan dari Evan, Hargianto, dan Hansamu [Yama] mengenai pemain yang harus diwaspadai. Yang pasti pelatih sudah mengingatkan pemain harus kompak selalu, baik saat menyerang atau pun bertahan. Jadi bertahan atau tidak kita semua bertanggung jawab bersama-sama,” ujar Bima.

“Kami jelas akan memaksimalkan sayap-sayap kami, karena kami punya materi yang kuat di sana, ada Febri [Hariyadi], Yabes [Roni], dan Saddil [Ramdani]. Yang penting konsentrasi bagaimana bertahan, kenapa tim ini performa bagus sekarang? Karena pelatih menilai tim ini punya kerja sama terutama dalam bertahan,” tambahnya.

Berdasarkan rekor pertemuan yang ada, timnas Indonesia cukup baik. Dari sepuluh laga yang dimainkan di SEA Games, mereka mampu menang lima kali, takluk empat kali, serta sisanya berakhir imbang. Tentu momentum gemilang tersebut dapat dimanfaatkan dalam partai nanti.

Sementara pelatih Vietnam Nguyen Huu Thang tak terlalu percaya diri timnya mampu mengalahkan timnas Indonesia. Meski saat ini mereka menjadi satu-satunya peserta di Grup B yang selalu memetik kemenangan dan mampu mencetak 12 gol dari tiga pertandingan yang dimainkan.

Nguyen menuturkan permainan timnas Indonesia begitu rapi, dan memiliki pemain-pemain yang mumpuni di setiap lininya. Maka dari itu, ia tak ingin muluk muluk dengan hasil akhir dari pertandingan tersebut.

“Performa seperti ini, kami akan mencoba sebaik-baiknya. Soal hasil nanti, saya tidak bisa mengatakannya,” ucapnya.

“Setelah pertandingan ini [melawan Filipina], kami hanya punya waktu sehari istirahat. Jadwal begitu padat, saya berharap para pemain tidak mengalami cedera dan pemulihan kondisi fisik bisa lebih cepat untuk menghadapi Indonesia,” imbuhnya.

Prakiraan susunan pemain

Vietnam: Bui Tien Dung, Tran Van Kien, Hoang Van Khanh, Biu Tien Dung, Tran Dinh Trong, Luong Xuan Truong, Nguyen Tuan Anh, Vu Van Tanh, Do Duy Manh, Nguyen Van Toan, Nguyen Cong Phuong.

Indonesia: Kurniawan Kartika Ajie, Gavin Kwan, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, M. Hargianto, Hanif Sjahbandi, Saddil Ramdani, Septian David, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *