MU Hantam Swansea 4-0

Swansea Manchester United kembali menuai hasil positif di laga Premier League. Setan Merah berhasil menggasak Swansea City 40.

Bertanding di Stadion Liberty, Sabtu (19/8/2017) malam WIB, MU sudah unggul 10 atas Swansea di babak pertama. Erick Bailly menjadi pembuka rekening gol MU.

Tiga gol lain diceploskan pada babak kedua, di atas menit ke80. Secara beruntun, Romelu Lukaku, Paul Pogba, dan Anthony Martial menambah derita The Swans.

MU memang tampil dominan sepanjang pertandingan. The Red Devils membuat ball possession dengan persentase 60% berbanding 40%.

Pada pekan pertama, MU juga menuai kemenangan besar dan clean sheet. Tim besutan Jose Mourinho itu mengalahkan West Ham United 40.

Jalannya pertandingan

Gawang MU sudah terancam pada menit ketiga. Tembakan Jordan Aye sudah sangat dekat dengan gawang Setan Merah, tapi membentur tiang gawang.

Tak butuh waktu lama, MU mampu membalikkan serangan. Lukaku sempat membuka peluang tapi tembakannya masih melebar.

Sejak itu MU mulai meningkatkan tekanan terhadap Swansea. Rashford berulang kali mencoba untuk membuka rekening gol MU, tapi tak berhasil.

MU malah kembali membuang peluang yang didapatkan pada menit kesembilan. Tendangan bebas oleh Juan Mata disambar Phil Jones. Tapi tandukan Phil Jones membentur tiang.

Pogba mendapatkan kartu kuning pada menit ke26. Dia menekel Thomas Carroll hingga jatuh.

Rashford kembali mendapatkan peluang emas pada menit 36. Berlari dikawal empat pemain Swansea, Rashford bisa melaju paling depan hingga sangat dekat dengan gawang. Dia sudah berada pada posisi satu lawan satu dengan kiper Swansea, Fabianski. Tapi, tembakannya terlalu pelan dan bsia ditebak oleh Fabianski.

Dua upaya beruntun yang dilakukan Paul Pogba dan Juan Mata juga belum berhasil setelah menit ke42. Tandukan Pogba masih bisa dihalau barisan pemain belakang Swansea. Bola muntah disambar Mata tapi melebar.

Eric Bailly usai mencetak gol untuk keunggulan 10 MU atas Swansea City. Foto: Rebecca Naden/Reuters

MU baru dapat memecah kebuntuan pada menit terakhir. Bermula dari sepak pojok Daley Blind yang disambar Paul Pogba tapi mengenai tiang. Eric Bailly tak membiarkan kesempatan itu terbuang. Dia menyambarnya dan terjadilah gol untuk MU.

Hingga babak pertama usai, MU unggul 10 atas Swansea.

Memasuki babak kedua, kedua tim bermain dengan tempo serupa babak pertama. Duet Lukaku dan Henrik Mkhitaryan di awal babak kedua belum berhasil menambah gol untuk MU.

Permainan mulai memanas. Gawang David De Gea kembali terancam beberapa kali.

Pada menit ke75, Jose Mourinho menarik keluar Rashford dan Mata. Rashford digantikan oleh Anthony Martial sedangkan Mata digantikan oleh Marouane Fellaini. perubahan itu membuat perubahan signifikan pada tempo permainan Setan Merah.

MU langsung memborong dua gol sekaligus dalam waktu berdekatan. Mendapatkan assist dari Mkhitaryan, Lukaku yang sudah berdiri di depan gawang berhasil mengecoh Fabianski.

Romelu Lukaku usai mencetak gol ke gawang Swansea City Foto: Andrew Boyers/Reuters

Kedudukan 20 untuk MU.

Kembali, umpan matang dari Mkhitaryan membuahkan gol untuk MU. Kali ini, umpan diselesaikan oleh Pogba.

Martial menambah lumbung gol MU pada menit ke84. Gol Martial tercipta lewat skema serangan balik dengan menyelesaikan umpan dari Pogba.

Tak ada tambahan gol hingga wasit meniup peluit panjang. MU menang atas Swansea 40.