Marcos Alonso Menangkan Chelsea di Kandang Tottenham

Juara bertahan Chelsea meraih kemenangan pertamanya di liga musim ini. Bertandang ke kandang Tottenham Hotspur, Chelsea berhasil memenangi laga dengan skor 21.

Pada pertandingan di Stadion Wembley, Minggu (20/8/2017) malam WIB, bek kiri Chelsea Marcos Alonso menjadi pahlawan timnya. Pesepakbola Spanyol itu memborong seluruh gol Chelsea yang tercipta di masingmasing babak sedangkan gol balasan Spurs datang dari gol bunuh diri Michy Batshuayi di babak kedua.

Chelsea benarbenar memanfaatkan peluang yang didapatnya. BBC mencatat, dengan cuma memiliki 32% penguasaan bola, the Blues melahirkan dua percobaan mengarah gawang dari total 10 percobannya untuk dikonversi menjadi gol.

Sementara itu, Tottenham memiliki 68% penguasaan bola, dengan total 18 percobaan (6 mengarah ke gawang), tapi gagal menciptakan gol.

Dengan hasil ini, Chelsea naik ke peringkat 12 klasemen sementara dengan tiga poin hasil dua pertandingan. Sedangkan Tottenham turun ke urutan sembilan juga dengan raihan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Chelsea lebih menguasai pertandingan di menitmenit awal, dengan membangun serangan lewat sayap kiri. Di menit kelima, Chelsea menciptakan peluang berbahaya setelah sundulan Alvaro Morata melebar tipis dari gawang Tottenham usai meneruskan umpan lambung Cesar Azpilicueta di menit kelima.

Tottenham membalas serangan Chelsea. Di menit 10, Harry Kane menembus kerumunan pemain Chelsea sebelum melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Thibaut Courtois. Meskipun bola kemudian bisa diamankan.

Setelah saling serang, Chelsea mendapat tendangan bebas hasil pelanggaran Dele Alli kepada David Luiz. Chelsea pun memanfaatkan dengan baik untuk memimpin 10 di menit 24.

Marcos Alonso mengeksekusi tendangan bebas itu dengan tembakan melengkung yang meluncur deras ke sudut atas gawang Spurs, tanpa bisa dihentikan Hugo Lloris.

Tertinggal, Spurs lebih gencar melakukan serangan. Di menit 38, Spurs nyaris menciptakan gol penyama. Tendangan bebas Christian Eriksen menuju tiang jauh, tapi Kane tidak mampu menjangkau bola.

Empat menit kemudian, Spurs kembali mengancam gawang Chelsea. Diawali dari pergerakan Alli, bola yang dikuasai Kane diteruskan dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Courtois tidak dapat menjangkaunya, tapi bola menerpa tiang gawang.

Semenit menjelang waktu normal berakhir, Spurs kembali membuat Courtois sibuk. Kane meneruskan operan Davies dengan tembakan keras tapi masih bisa diredam.

Babak pertama berakhir, Spurs masih tertinggal 01 dari Chelsea.

Setelah turun minum, Spurs masih mengalami kebuntuan. Di menit 59, Spurs mengklaim penalti setelah bola tendangan Alli mengenai tangan Azpilicueta, tapi wasit tidak menggubris.

Chelsea akhirnya mampu keluar dari tekanan Spurs. Di menit 70, kerja sama Willian dengan Morata menghasilkan peluang setelah tembakan striker Spanyol itu melebar tipis.

Ancaman Chelsea justru mengalir kian deras. Tiga menit berselang, tembakan keras mendatar Willian tak mampu dijangkau Lloris, tapi digagalkan tiang gawang. Sebelumnya, Victor Moses mengancam gawang Spurs, tapi tembakannya dari dalam kotak melambung.

Mimpi buruk bagi Chelsea. Di menit 80, pemain pengganti Michy Batshuayi justru membobol gawangnya sendiri setelah salah mengantisipasi tembakan bebas Eriksen. Kedudukan kini seimbang 11.

Skor itu hanya bertahan tujuh menit. Di menit 88, Chelsea akhirnya kembali memimpin setelah Alonso mencetak gol keduanya lewat tembakan dari sisi kiri di dalam kotak penalti Spurs, yang diawali kesalahan di lini tengah Tottenham. Tottenham 1, Chelsea 2.

Tottenham yang kehabisan waktu mulai panik. Di sisi lain, Chelsea berhasil mempertahankan keunggulannya sampai waktu pertandingan habis.