Jumpa Filipina, Timnas Indonesia Unggul Rekor Pertemuan

Timnas Indonesia U-22 akan berjumpa Filipina di laga kedua Sea Games 2017. Pertandingan melawan Filipina ini akan digelar di Stadion Shah Alam, Malaysia pada Kamis (17/8) pukul 19.45 WIB.

Jelang pertandingan tersebut, kubu Timnas U-22 pantas optimis untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus. Pasalnya, Evan Dimas dan kolega baru saja tampil bagus saat mampu menahan imbang juara bertahan Thailand dua hari lalu.

Selain itu, Timnas U-22 pantas optimis karena punya catatan yang bagus dari segi rekor pertemuan. Sepanjang perhelatan Sea Games digelar, Filipina belum pernah sekalipun mampu mengalahkan Indonesia di lapangan sepakbola.

Dari tujuh kali perjumpaan, Indonesia punya rekor nyaris sempurna saat jumpa Filipina. Skuat Garuda hanya sekali saja meraih ‘cacat’ yaitu saat bermain imbang dengan skor 1-1. Hasil tersebut terjadi pada Sea Games tahun 1977 silam.

Selebihnya, Indonesia selalu mampu mengatasi perlawanan Filipina di Sea Games. Termasuk pada tahun 1991 dimana Indonesia menang dengan skor 1-2 di fase grup. Dua gol Indonesia kala itu dicetak oleh Ferry Raymond Hattu dan Rocky Putiray. Padahal, saat itu Filipina adalah tuan rumah.

Pada Sea Games 1991 ini Indonesia sukses meraih medali emas setelah menang lewat babak adu penalti pada laga final melawan Thailand. Indonesia kala itu diperkuat oleh Widodo C Putro, Aji Santoso, Peri Sandria dan beberapa nama top lain. Pelatih Indonesia kala itu adalah Anatoli Polosin.

Gelar pada tahun 1991 tersebut adalah medali emas terakhir bagi Indonesia di cabang olahraga sepakbola. Sejauh ini, prestasi tahun tersebut masih jadi yang tertinggi bagi Indonesia untuk level Asia Tenggara.

Berikut adalah rekor pertandingan Indonesia vs Filipina di Sea Games:

  • 23 November 1977 – Filipina 1–1 Indonesia – Kuala Lumpur
  • 11 Desember 1981 – Indonesia 2–0 Filipina – Manila
  • 23 Agustus 1989 – Indonesia 5–1 Philippines – Kuala Lumpur
  • 30 November 1991 – Filipina 1–2 Indonesia – Manila
  • 15 Juni 1993 – Indonesia 3–1 Filipina – Singapura
  • 12 Oktober 1997 – Indonesia 2–0 Filipina – Jakarta
  • 9 Juni 2015 – Indonesia 2–0 Filipina – Singapura

Pada pertemuan terakhir di Sea Games 2015 lalu, Indonesia juga sukses mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. Saat itu, gol Indonesia dicetak oleh Evan Dimas Darmono. Saat ini, Evan masih masuk dalam skuat Timnas U-22.

Nah, mampukah Evan kembali membobol gawang Filipina dan memberikan kemenangan untuk Indonesia lagi?. Bagaimana kalau menurut Bolaneters?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *