Diwarnai 2 Kartu Merah, Napoli Bekuk Nice Di San Paolo

Napoli berhasil meraih kemenangan melawan OGC Nice dalam leg pertama play-off Liga Champions 2017-2018 di Stadion San Paolo, Kamis (17/8/2017) dini hari WIB. Diwarnai dua kartu merah pemain Nice, Il Partenopei –julukan Napoli– sukses meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Babak Pertama

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukung yang hadir, Napoli bergerak cepat untuk bisa mencuri gol di menit-menit awal. Laga baru berjalan dua menit, sebuah tembakan keras Marek Hamsik berhasil menghadirkan syok terapi pemain bertahan Nice. Namun, tembakan pemain Slovakia tersebut masih melambung di atas mistar.

Peluang emas kembali didapat tuan ruma di menit delapan melalui sundulan Callejon. Memanfaatkan tendangan bebas Hamsik, mantan pemain Real Madrid itu melepaskan sundulan namun masih belum menemui sasaran.

Napoli akhirnya sukses membuka keunggulan di menit 13 melalui Dries Mertens. Berawal dari umpan jauh Lorenzo Insigne, bola yang memantul membuat Cardinale gagal mengantisipasi dengan baik. Mertens yang tanpa kawalan tinggal menceploskan bola ke gawang untuk membawa tuan rumah memimpin 1-0.

Kembali, Mertens menjadi ancaman lini belakang tim tamu. Pergerakan pemain Belgia itu sukses menusuk ke kotak penalti Nice. Sayang, karena kurang tenang, ia gagal memanfaatkan peluang meski tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang.

Memasuki 10 menit akhir babak pertama, Nice mencoba keluar dari tekanan tuan rumah. Kerja sama apik Koziello dengan Jallet menghadirkan ancaman yang cukup membahayakan barisan bertahan tuan rumah. Namun, tembakan Koziello masih melambung di atas mistar gawang Pepe Reina.

Tuan rumah kembali mendapat peluang melalui skema tendangan bebas satu menit jelang turun minum. Ghoulam yang maju sebagai algojo memutuskan untuk mengarahkan bola langsung ke gawang tim tamu. Namun lagi-lagi usaha pemain tuan rumah belum membuahkan gol tambahan.

Babak Kedua

Selepas turun minum tuan rumah kembali mengambil inisiatif menyerang. Peluang langsung didapat oleh Mertens dan Insigne di menit 50. Berawal dari pergerakan cantik Mertens menusuk ke kotak penalti, melepaskan tendangan ke arah gawang. Cardinale yang bergerak cepat berhasil menepis namun bola bergulir ke arah Insigne. Lagi-lagi kesigapan Cardinale sukses mengamankan bola sebelum berhasil diteruskan Insigne.

Tim tamu mencoba membalas di menit 58. Koziello yang mampu menerobos barisan bertahan Napoli mengirimkan umpan matang ke Plea. Ia langsung melepaskan tembakan dari jarak 25 kaki namun masih membentur salah satu pemain belakang tuan rumah sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

INSIGNE!!! Pemain berpaspor Italia itu nyaris menambah keunggulan tuan rumah di menit 69. Bola liar hasil tendangan bebas berhasil dikuasi Insigne dengan baik. Ia pun langsung menendang bola ke arah gawang Nice. Lagi-lagi, penampilan apik Cardinale di bawah mistar berhasil menepis datangnya bola.

Napoli akhirnya sukses menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 70 melalui tendangan penalti Jorginho. Tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Dries Mertens dijatuhi Jallet di kotak terlarang. Tanpa ampun, wasit langsung menunjuk titik putih sebagai ganjarannya.

Kembali, Insigne mendapat peluang untuk mencatatkan namanya di papan skor enam menit berselang. Allan yang berhasil mendapatkan bola bergerak cepat untuk menusuk ke kotak penalti Nice dan memberikan umpan tarik ke tengah. Insigne yang menyambut langsung mengarahkan bola ke gawang. Namun refleks Cardinale lagi-lagi mampu mengamankan datangnya bola.

Petaka bagi tim tamu hadir di menit 79 saat Koziello menerima kartu merah dari wasit. Tidak hanya itu, dua menit berselang giliran Plea yang diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua.

Meski unggul jumlah pemain, nyatanya Napoli gagal memanfaatkannya di sisa pertandingan. Skor 2-0 untuk Il Partenopei bertahan hingga wasit meniup peluit panjang babak kedua.

Berikut susunan pemain:

Napoli: Reina, Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam, Allan, Jorginho, Hamsik, Callejon, Mertens, Insigne.

OGC Nice: Cardinale, Jallet, Souquet, Sarr, Dante, Le Marchand, Saint-Maximin, Seri, Koziello, Lees-Melou, Plea.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *