Lengah Tertawa-tawa Saat Jaga Lukaku, Bek West Ham Ini Dikritik

Arthur Masuaku, bek West Ham United, mendapat kritik akibat tertawatawa saat menjaga Romelu Lukaku tepat sebelum penyerang Manchester United itu bikin gol.

MU mengawali kiprahnya di Premier League 2017/2018 dengan sempurna. Tampil di Old Trafford, Minggu (13/8/2017) malam WIB, The Red Devils menang 40 atas West Ham yang datang bertamu. Lukaku, yang debut untuk MU di Premier League, menyumbang dua gol.

Gol pertama Lukaku hadir di menit ke33 usai melanjutkan operan Marcus Rashford lewat permainan terbuka. Gol keduanya lahir di menit ke52 usai menyambut bola kiriman Henrikh Mkhitaryan dari sebuah tendangan bebas.
Nah, pada gol kedua itulah kamera menangkap sebuah momen ketika Lukaku sedang ditempel ketat oleh Masuaku. Entah bagaimana persisnya, Masuaku terlihat tertawatawa di belakang Lukaku yang sedang ia bayangi.

Kenyataan bahwa beberapa saat setelah adegan tertawa itu Masuaku gagal total mengawal Lukaku, dengan berdiri di belakangnya tanpa daya, tak ayal membuat pemain 23 tahun tersebut mendapatkan kritik keras.

Masuaku tertawatawa saat menjaga Lukaku (Foto: Youtube)
“Itu parah sekali. Konsentrasinya buyar dan berada di sisi yang salah. Ia juga membenarkan kaus kaki atau pelindung tulang keringnya dan tidak fokus. Kacau,” kata Gary Neville, mantan bek MU dan timnas Inggris yang kini menjadi pundit Sky Sports.

“Jika Anda jadi (manajer West Ham) Slaven Bilic dan kemudian melihat kejadian ini maka sudah pasti akan kecewa sekali ada salah satu pemain bertahan Anda yang melakukan hal tersebut dalam situasi bola mati. Dalam situasi itu harusnya ia konsentrasi penuh, tidak lengah, dan memastikan pemain lawan tak ada di depan dirinya. Itu sangat buruk,” ucapnya.
Masuaku sendiri pada akhirnya ditarik keluar di menit ke81 ketika The Hammers sedang ketinggalan dua gol tanpa balas. Kritikan lain juga dilontarkan Thierry Henry, mantan bintang Arsenal yang kini jadi kolega Neville di Sky Sports.

“Saya tak suka menyoroti satu pemain saja, tapi lihatlah Masuaku. Ia tertawa ke arah Lukaku. Lukaku tidak tertawa. Jika Anda bertahan seperti ini maka Anda akan kebobolan. Tak bisa bertahan seperti itu. Saya tahu Anda sedang bermain di Theatre of Dreams, tapi Anda tak boleh bermimpi di siang bolong seperti itu,” ujar Henry.