Andres Iniesta Aslinya Siap, Kenapa Sergio Ramos Ambil Penalti Spanyol?

Gelandang Barcelona itu punya catatan yang apik urusan tembakan dari titik 12 pas. Lalu mengapa justru Sergio Ramos yang maju mengeksekusi?
Spanyol sebenarnya bisa memenangi pertandingan melawan Kroasia pada Rabu (22/6). Mereka mendapatkan hadiah tendangan penalti pada menit 70. Namun ada kejanggalan kala Sergio Ramos yang muncul sebagai eksekutor. Sang bek Real Madrid memang punya sejarah apik dalam tendangan penalti, misalnya panenka di Euro 2012.
Namun Ramos juga punya pengalaman pahit, terutama dengan tendangan yang bagai menembak bulan dalam laga Real Madrid melawan Bayern Munchen. Ketika kemudian eksekusi Ramos bisa diblok Danijel Subasic, kiper Kroasia, muncul pertanyaan mengapa bisa bek seperti dirinya yang mengambil alih urusan penalti.
Padahal, deretan pemain depan Spanyol kala itu cukup mumpuni. Ada Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Nolito, Alvaro Morata, sampai David Silva yang sudah tidak asing dalam urusan penalti. Tentang hal ini, Iniesta menerangkan, Saya siap mengambil penalti itu. Tapi Ramos percaya diri. Dan siapa pun yang mengambil eksekusi, bisa saja gagal.

Kepercayaan diri ada pada siapa pun yang ingin menembakkan penalti itu. Kami cuma tidak beruntung karena gagal. Hal seperti ini lumrah terjadi. Yang penting sekarang kami harus terus bersiap untuk laga melawan Italia, dengan target meluncur sejauh mungkin (di Euro).
Italia yang dihadapi Spanyol di 16 besar adalah tim yang dikalahkan La Roja di final Euro 2012. Kini dua jagoan itu harus saling bunuh lebih cepat. Andres Iniesta menyebut, meskipun kini Azzurri sudah banyak berubah, dalam hitungannya, Spanyol tetap bakal percaya diri.
Dalam teori kami memiliki tim yang lebih kuat di atas kertas (melawan Kroasia). Tapi Anda tidak pernah tahu (yang bakal terjadi di lapangan). Anda harus selalu bersiap, tidak hanya saat dipuji. Kami dalam situasi yang lebih rumit (untuk pertemuan lawan Italia). Tapi kami adalah Spanyol, dan kami harus tetap yakin.

sports-kompas.com Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya Sumber: Sidomi