Bisa Apa Brighton di Hadapan City?

Bak David versus Goliath, mungkin itu ungkapan yang pas saat Brighton and Holve Albion bertemu Manchester City di pekan pembuka Premier League 2016/2017. Bisakah Brighton mengejutkan City?

Brighton adalah salah satu tim promosi musim ini selain Newcastle United dan Huddersfield Town. Lolos sebagai runnerup Championship, ini adalah musim pertama Brighton d kasta Premier League.

Bukan tugas mudah bagi Brighton untuk bisa bertahan di kompetisi ini mengingat skuat mereka pun tidak mewahmewah amat. Apalagi di laga debutnya, Brighton sudah harus bertemu juara dua kali Premier League City.

Sudah pasti dengan segala kemewahan yang dimiliki plus faktor Pep Guardiola, City bakal diunggulkan untuk menang. Tapi bola itu bundar, siapa tahun Brighton bisa memberi kejutan. Berikut data dan fakta terkait laga tersebut.

Ini jadi pertemuan pertama kedua tim di laga kompetitif sejak Piala Liga September 2008. Laga itu berakhir 22, di mana Brighton berhasil mengalahkan City dengan skor 53 dalam adu penalti di stadion lamanya, Withdean Stadium.

Pertemuan terakhir kedua tim di liga adalah ketika Man City menang 21 di kandang pada April 1989, di kasta kedua sepakbola Inggris.

Tim berjuluk The Seagulls itu hanya menang sekali dari lima partai pembuka di liga (1 imbang 3 kalah).

Manchester City selalu memenangi enam laga pembuka musim terakhirnya di Premier League, terbaik saat ini.

Sergio Aguero punya lima gol dari enam partai pembuka sebelumnya untuk Manchester City.

Brighton adalah tim ke30 yang dihadapi Aguero d Premier League. Pemain Argentina itu sudah mencetak gol ke gawang 29 tim dari 30 yang ada, hanya Bolton Wanderers yang luput.

Pep Guardiola selalu memenangi tujuh laga pembuka liga terakhirnya, terakhir kalah di 2008.

Raheem Sterling jadi satusatunya pemain Manchester City yang mencapai dua digit baik gol maupun assist di seluruh kompetisi musim 2016/2017 (10 gol, 15 assist).

Gelandang baru, Pascal Groll, menciptakan peluang mencetak gol paling banyak di Bundesliga musim lalu (98) saat bermain untuk Ingolstadt.