Ketum PSSI Minta Timnas Pantang Menyerah di SEA Games 2017

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta tim nasional sepakbola putra U-22, timnas futsal putra dan timnas futsal putri menunjukkan semangat pantang menyerah ketika berjuang di SEA Games 2017, Malaysia.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi dalam pelepasan timnas sepakbola U-22, timnas futsal putra dan timnas futsal putri di Markas Kostrad, Jakarta, Kamis (10/8).

“Hanya ada dua pilihan, yaitu menyerah dan gagal seperti pecundang atau berjuang terus seperti yang dilakukan oleh para pejuang,” ujar Edy.

Dia pun mencontohkan semangat yang ditunjukkan pelari Inggris Derek Redmond di Olimpiade Barcelona tahun 1992, yang ditampilkan pula melalui tayangan video.

Ketika itu, Derek yang digadang-gadang mendapatkan emas gagal melampaui lawan-lawannya di nomor 400 meter karena tiba-tiba menderita cedera paha belakang (“hamstring”) tepat setelah start.

Namun, Derek tetap melanjutkan lomba hingga garis finish meski terpincang-pincang, didampingi oleh ayahnya.

“Jangan pernah menyerah dan jangan lupa berdoa,” kata Edy.

Dia melanjutkan, setiap atlet yang dikirim bertanding di kejuaraan internasional adalah pahlawan bangsa, yang memanggul nama besar negara, Indonesia.

Indonesia, yang dimerdekakan oleh para pahlawan nasional dengan keringat dan darah.

“Tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak pernah menyerah, sama seperti kakek nenek, moyang kita yang berjuang memerdekakan bangsa. Berjuanglah dengan tulus dan niat yang ikhlas karena ratusa juta rakyat Indonesia menitipkan nama besarnya di pundak kalian,” tutur Edy.

Adapun timnas U-22 asuhan pelatih asal Spanyol Luis Milla akan memulai perjuangan di Grup B SEA Games 2017, Malaysia, pada Selasa (15/8), melawan Thailand.

Selain Thailand, tim yang dikapteni oleh Hansamu Yama Pranata ini juga akan bergabung dengan Filipina, Vietnam, Kamboja dan Timor Leste.

Sementara timnas futsal putra, yang tidak mengikuti pelepasan di Jakarta karena masih pemusatan latihan di Lombok, NTB, dan timnas futsal putri nantinya akan berhadapan dengan Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam di SEA Games 2017.

Di laga perdana, timnas futsal putra akan melawan Thailand pada Minggu (20/8), sementara di saat yang sama, timnas putri berhadapan dengan Malaysia.

Acara pelepasan timnas sepak bola U-22 dan timnas futsal putra-putri sendiri dihadiri oleh para pejabat tinggi PSSI, pemain, pelatih serta ofisial timnas. Kegiatan itu juga diwarnai prosesi mencium bendera Merah Putih oleh seluruh kontingen SEA Games 2017, Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *