Seberapa Dalam Skuat Spurs Menuju Liga Inggris 2017/2018?

Tottenham Hotspur belum bergerak di bursa transfer menatap musim kompetisi yang baru. Lantas, seberapa dalam skuat yang mereka miliki menjelang musim dimulai?

Spurs sudah kehilangan dua pemain utamanya. Kyle Walker bergabung dengan Manchester City, sementara Federico Fazio merapat ke AS Roma. Dari dua transfer itu, klub asal London utara itu mendapatkan uang sekitar 52 juta pound sterling.

Sikap Spurs yang masih belum belanja pemain itu jelas menimbulkan pertanyaan. Manajer tim, Mauricio Pochettino, sepertinya sudah sangat percaya diri dengan anggota skuat yang dia miliki.

Memang, skuat Spurs saat ini bisa dibilang cukup lengkap. Di pos penjaga gawang, Hugo Lloris dan Michel Vorm, sudah cukup memuaskan untuk Pochettino.
Penampilan Lloris yang cukup cemerlang di musim lalu menjadi ukurannya. Dia melakukan 78 kali penyelamatan dalam 34 pertandingan yang dijalani di Liga Inggris. Sementara Vorm, yang menjadi deputi Lloris, mencatatkan lima penyelamatan dalam lima pertandingan.Foto: Alex Menendez/Getty Images

Kendati ditinggal oleh Walker, Spurs sudah mempunyai pemain penggantinya. Dia adalah Kieran Trippier yang sudah memperkuat Spurs sejak 2015.

Dengan komposisi lini belakang yang dimiliki saat ini, Spurs sudah menobatkan diri menjadi tim dengan pertahanan paling kuat di musim lalu. Mereka cuma kebobolan sebanyak 26 gol di sepanjang musim.

Para pemain andalan lini belakang musim lalu ada duo Belgia, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld. Selain itu ada juga Danny Rose, Ben Davies, Kevin Wimmer, dan Cameron CarterVickers. Semua masih bertahan di klub yang akan berkandang di Wembley musim depan.
Komposisi lini tengah Spurs juga boleh dibilang sudah lengkap. Sebagai pemain jangkar, ada Eric Dier dan Victor Wanyama. Moussa Sissoko juga menjadi salah satu alternatif sebagai pemain bertipe boxtobox.Foto: Matthew Childs/Reuters

Sementara di posisi gelandang serang ada Christian Eriksen, Dele Alli, dan Eric Lamela. Di lini serang, Harry Kane, Son HeungMin, dan Vincent Janssen menjadi tumpuan. Kane merupakan pemuncak daftar pencetak gol terbanyak musim lalu dengan torehan 29 gol.

Kendati gagal juara, Spurs menjadi tim paling produktif di Liga Inggris musim lalu. Mereka mencetak sebanyak 86 gol dalam 38 pertandingan.

Pembangunan White Hart Lane boleh jadi merupakan faktor yang memaksa Spurs dan Pochettino harus berhemat di bursa transfer. Mereka masih mencari investor tambahan guna membangun kandang yang rencananya akan berkapasitas 61 ribu tempat duduk itu.
Yang menjadi masalah bagi Pochettino adalah banyaknya ajang yang diikuti oleh Spurs musim depan. Selain Liga Inggris, mereka juga turun di Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Champions.Foto: Alex Menendez/Getty Images

Spurs gigit jari di musim lalu. Mereka finis kedua di Liga Inggris, menjejak semifinal Piala FA, berhenti di babak keempat Piala Liga Inggris, tersingkir di babak grup Liga Champions, dan cuma sampai babak 32 besar Liga Europa.

Saat berhadapan dengan Manchester City di pertandingan pramusm, Spurs menelan kekalahan telak dengan skor akhir 03. Jadi masih belum mau bergerak di bursa transfer untuk menambah kedalaman skuat, Spurs?