Barcelona Lakoni Tur ke Indonesia Tahun 2017, Boyong Lionel Messi-Neymar?

Selama ini, Barca memang belum mendaratkan kaki ke negara yang menjadi salah satu basis fans Blaugrana di dunia ini. Disebutkan oleh managing director Barcelona, Xavier Asensi, andai nantinya klub Catalan tersebut memang berkunjung ke tanah air, mereka akan datang dengan skuat lengkap, termasuk dengan Lionel Messi dan Neymar.
Sejatinya, sudah ada beberapa klub elite Eropa yang datang ke Indonesia. Di antaranya adalah Internazionale, Chelsea, hingga Liverpool. Namun Barcelona, yang bisa dikatakan adalah salah satu klub terbaik Eropa dekade ini, belum jua berkunjung. Padahal, sejak era Pep Guardiola, yang diwarnai dengan keberhasilan sextuple (enam gelar dalam setahun), penggemar Barca di tanah air berkembang semakin pesat.
Disampaikan oleh Xavier Asensi, belum datangnya Barcelona ke Indonesia terjadi karena jadwal yang padat. Asensi menyebut, jika pada akhirnya klub tersebut menyapa penggemar mereka di tanah air, Barca ingin mendatangkan skuat yang komplet, bukan sekadar para pemain muda atau mereka yang tidak terbiasa masuk starting XI klub Catalan.

Dikutip dari CNN Indonesia, Asensi menyebut, Mendatangkan Barcelona ke Indonesia ini tidak hanya soal kuantitas, tapi juga kualitas (tim). Bila kami mengirimkan tim Barcelona ke Indonesia, maka kami akan datang dengan (Lionel) Messi, Neymar, Jordi Alba, dan lain-lain. Kami ingin Barcelona datang ke Indonesia dengan seluruh (pemain di) tim utama.
Jadwal pra musim Barcelona dalam tiga tahun terakhir memang tergolong ketat. Pasalnya, pada 2014 ada Piala Dunia, yang disusul Copa America pada 2015 dan 2016, juga Euro pada tahun yang sama. Padahal, para bintang Barca otomatis menjadi pemain kunci negara-negara mereka. Misalnya Lionel Messi di Argentina, Andres Iniesta di Spanyol, atau Neymar di Brazil.
Namun ada harapan untuk tahun 2017 mendatang. Pasalnya, tidak ada jadwal turnamen internasional, kecuali bagi mereka yang bertarung di Piala Konfederasi. Oleh karenanya, Xavier Asensi menyebut, peluang tahun tersebut Barca datang ke Indonesia cukup terbuka.
Para pemain utama kami juga membela timnas mereka (dan turnamen internasional terjadi pada musim panas), jadi mereka juga memiliki kesibukan saat musim panas. 2017 mungkin akan menjadi tahun yang menyenangkan (bagi Barcelona) untuk datang ke Indonesia, dengan jadwal para pemain yang sepertinya sedikit longgar.
Kami akan bekerja keras untuk mendatangkan Barca untuk pertama kalinya ke Indonesia sejak 117 tahun klub ini berdiri.

sports-kompas.com Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya Sumber: Sidomi