Arsenal Rebut Trofi Community Shield, Menang Adu Penalti vs Chelsea

Olivier Giroud mengeksekusi penalti penentuan ketika Arsenal menang adu penalti 4-1 atas Chelsea untuk membuat The Gunners meraih kemenangan Community Shield di Stadion Wembley, London, pada Minggu tengah malam WIB (6/8/2017).

Setelah juara Liga Primer Inggris dan Piala FA itu bermain imbang 1-1 menyusul 90 menit waktu normal, pemain asal Prancis itu sukses mengeksekusi penalti setelah Alvaro Morata dan Thibaut Courtois gagal menunaikan tugasnya untuk Chelsea, pada adu penalti yang menggunakan sistem baru, A BB A.

Dengan sistem ini, penendang tidak dilakukan secara bergantian sebagaimana yang berlaku selama ini. Dengan sistem baru A BB A, misalnya penendang pertama dari tim A lalu tim B, pada masing-masing eksekusi kedua bergantian eksekutor tim B lebih dulu, baru kemudian tim A. Begitu seterusnya bergantian pada eksekusi berikutnya.

Pemain Chelsea Victor Moses membuka gol ketika ia bereaksi lebih cepat untuk menyambar bola melewati Petr Cech pada menit ke-46, sebelum pemain pengganti Arsenal Sead Kalasinac menyamakan kedudukan pada menit ke-82, menanduk bola untuk melengkapi permainan gemilangnya.

Kiper Chelsea Thibaut Courtois menyesali kegagalannya menjebol gawang Arsenal dalam adu penalti. – Reuters-Andrew Couldridge

Penyerang Chelsea Pedro diusir keluar lapangan karena pelanggaran keras terhadap Mohamed Elneny yang memicu gol penyama kedudukan bagi Arsenal, sedangkan pasukan Arsene Wenger juga memberikan kesempatan debut bagi rekrutan barunya Alexandre Lacazette.

Dalam adu penalti, empat eksekutor Arsenal menunaikan tugas dengan baik. Mereka ialah Theo Walcott, Nacho Monreal, Alex Oxlade Chamberlain, dan Olivier Giroud, sedangkan eksekusi Chelsea yang berhasil hanya Gary Cahill. Dua eksekutor gagal yakni Thibaut Courtois dan Alvaro Morata.

Eksekusi kelima Arsenal serta eksekusi keempat dan kelima Chelsea tidak dilaksanakan, karena dengan selisih tiga gol, Arsenal telah memastikan kemenangan meskipun dua sisa penalti Chelsea masuk dan satu sisa penalti Arsenal gagal.

Chelsea akan memulai perjuangannya mempertahankan gelar ketika mereka menjamu Burnley pada Sabtu, sedangkan Arsenal akan menjamu Leicester City pada akhir pekan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *