Jelang Laga Chelsea Versus Arsenal Di Community Shield 2017, Format Baru Penalti Bakal Diterapkan

Chelsea akan bejumpa Arsenal di pertandingan Community Shield 2017 di Stadion Wembley, London, Inggris pada Minggu 6 Agustus 2017. Laga tersebut mempertemukan dua klub peraih gelar juara di kompetisi berbeda di Negeri Ratu Elizabeth.

Chelsea menyandang status sebagai juara Liga Inggris 2016-2017. Sementara itu, Arsenal menjadi kampiun di ajang Piala FA di musim yang sama. Pertemuan kedua klub bakal berlangsung sengit.

Untuk mengantisipasi ketatnya persaingan Chelsea kontra Arsenal di laga tersebut, panitia Community Shield akan menerapkan format baru tendangan adu penalti. Sebelumnya, UEFA selaku badan tertinggi sepakbola Eropa akan menerapkan formasi baru adu penalti yang semula A-B-A-B menjadi A-B-B-A. Istilah A diperuntukkan untuk penendang dari Tim A sedangkan B adalah penendang dari Tim B.

Berdasarkan laporan di laman resmi Chelsea, Jumat (4/8/2017), jika Chelsea dan Arsenal sama-sama meraih hasil imbang hingga 90 menit waktu normal, maka kemenangan akan ditentukan melalui adu penalti. Sistem baru penalti A-B-B-A dinilai lebih adil bagi kedua tim.

Format baru adu penalti nantinya akan dimulai dari penendang pertama dari Tim A, lalu dua tendangan berikutnya akan dilakukan Tim B. Begitu terus dilakukan hingga mendapatkan pemenang di adu tos-tosan tersebut. Sebelum tendangan adu penalti dimulai, kedua tim akan melalukan pengundian melalui koin dari wasit untuk menentukan siapa yang menjadi penendang pertama.

Aturan tersebut sengaja dibuat UEFA untuk menjaga sportivitas dalam suatu pertandingan dan dinilai lebih adil bagi kedua tim untuk menjaga sportivitas. International Football Association Board (IFAB) yang memiliki peran dalam hal aturan-aturan sepakbola, menilai para pemain dari tim-tim yang mengambil tendangan kedua punya tekanan lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *