Tentang Arsenal vs Chelsea di Community Shield Akhir Pekan Ini

Kompetisi sepakbola di Inggris akan mulai menggeliat lagi seiring dengan hadirnya Community Shield di akhir pekan: Arsenal versus Chelsea.

Seperti biasa ajang Community Shield, yang sampai tahun 2001 dikenal dengan nama Charity Shield, menjadi laga penanda menjelang bergulirnya musim kompetisi ligaliga di Inggris.

Kali ini yang akan bertarung adalah Arsenal si juara bertahan Piala FA dan Chelsea sang kampiun Premier League musim lalu, di Wembley, Minggu (6/8/2017). Ini menjadi kali ke15 pertandingan Community Shield dilangsungkan dalam format terkini.

Dalam sejarah Charity/Community Shield, TheStatsZone.com mencatat Manchester United sebagai tim yang paling sering menang, 21 kali dengan empat di antaranya sebagai juara bersama. Liverpool ada di posisi dua dengan 15 trofi di ajang ini.

Bagaimana dengan kedua tim yang akan beradu akhir pekan ini? Arsenal tercatat sudah 14 kali memenangi Charity/Community Shield, dengan sekali di antaranya sebagai juara bersama, sementara Chelsea empat kali memenangi ajang tersebut.
Sejak pertama kali dihelat pada 1908, sudah ada 95 pertandingan yang dimainkan di Charity Shield dengan ratarata 3,21 gol per pertandingan. Jumlah itu turun menjadi 2,80 gol per laga di era Community Shield.

“Skor paling populer di sebuah pertandingan Charity/Community Shield adalah 10, yang sudah terjadi pada 18 kesempatan (sebuah frekuensi 19%) semenjak 1908,” tulis TheStatsZone.com.

Tak ada babak extra time di Community Shield. Hasil imbang di waktu normal pertandingan akan langsung dituntaskan di babak adu penalti. Ini sudah terjadi pada empat kesempatan dan Manchester United terlibat dalam seluruh momen itu.

Sejak 2002, ini akan menjadi penampilan ke8 untuk Chelsea sementara Arsenal bakal menjalani penampilan ke7 di Community Shield. Namun, The Gunners lebih sering keluar jadi juara dibandingkan The Blues pada kurun waktu tersebut; Arsenal empat kali juara dari enam kesempatan, sedangkan Chelsea cuma satu kali berhasil memanfaatkan kesempatan tampilnya untuk merengkuh gelar juara.

Dari catatan head to head di Community Shield, kedua klub kota London tersebut sudah dua kali berhadapan yakni pada tahun 2005 dan 2015. Chelsea menang 21 di Millennium Stadium tahun 2005, tapi Arsenal gantian berjaya 10 di Wembley 10 tahun berselang.