Format Baru Adu Penalti Akan Dijajal di Piala Liga Inggris

Format baru adu penalti akan dijajal di tiga ajang gelaran English Football League (EFL), termasuk Piala Liga Inggris. Seperti apa formatnya?

Di sepakbola sekarang ini, format adu penalti yang dikenal adalah ABAB. Format ini berarti tim yang menendang pertama akan bergantian satu per satu dengan tim lawannya secara berurutan.

Nah, belakangan format ini dinilai kurang adil. International Football Association Board (IFAB) yang bertugas menyusun aturanaturan sepakbola, menilai bahwa para pemain dari timtim yang mengambil tendangan kedua punya tekanan lebih besar.

Oleh karena itu ada ide bahwa penalti diubah formatnya menjadi ABBA. Format ini dinilai lebih adil dan memberikan kedua tim tekanan yang sama besarnya.

Format baru ini rencananya akan diterapkan di ajangajang di bawah otoritas EFL yakni Piala Liga Inggris, EFL Trophy, dan lagalaga playoff liga mulai dari divisi Championship, League One, dan League Two pada musim 2017/2018.

“Kami menyambut inovasi di EFL dan saya senang melihat bahwa EFL mampu menjalankan perannya dalam sebuah pengembangan penting sepakbola,” ujar Chief Executive EFL Shaun Harvey dikutip Soccerway.

“IFAB telah mengidentifikasi teori bahwa urutan sepakan penalti yang sekarang ini berpotensi memberikan keuntungan tak adil untuk tim yang mengambil sepakan pertama. Jadi kami ingin melihat apakah sistem yang baru punya dampak ke salah satu isu yang paling dibahas di sepakbola.”

“Kami semua ingin pertandingan sepakbola ditentukan dengan cara yang adil dan konsisten, dan saya yakin sistem baru akan memberikan dinamika menarik ke penuntasan pertandinganpertandingan di kompetisi kami jika diperlukan,” ujar Harvey.