Kenapa Spurs Tak Ikut Belanja Gila-gilaan

Tottenham Hotspur tak mengikuti jejak para rivalnya untuk berbelanja besar musim panas ini. The Lilywhites justru amat santai dalam upaya memperkuat tim.

Spurs belum mendapatkan satupun pemain dari bursa transfer di musim panas sejauh ini. Di lain sisi, mereka sudah kehilangan salah satu pemain kunci.

Kyle Walker dilepas ke Manchester City dengan nilai transfer sebesar 45 juta pound sterling.

Selain Walker, ada Federico Fazio yang dipermanenkan AS Roma dengan biaya 2,75 juta pound. Kepergian Fazio sendiri takkan terlalu berpengaruh mengingat bek 30 tahun itu dianggap gagal di Spurs.

Untuk pengganti Walker, Spurs masih punya Kieran Trippier. Selain itu masih ada Eric Dier yang juga bisa dimainkan di posisi bek kanan.

Sikap Spurs di bursa transfer ini kontras dengan pendekatan para rivalnya. Chelsea misalnya, sudah menghabiskan hampir 130 juta pound untuk mendatangkan Alvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, dan Antonio Ruediger.

Manchester City lebih boros lagi. Sekitar 200 juta pound sudah digelontorkan untuk merekrut Bernardo Silva, Ederson, Walker, Danilo, dan Benjamin Mendy. Rival sekotanya, Manchester United, menebus Romelu Lukaku dan Victor Lindelof dengan total biaya kurang lebih 106 juta pound.

Sementara Arsenal dan Liverpool setidaknya sudah menunjukkan niat memperkuat tim. Arsenal memecahkan rekor transfernya untuk mendatangkan Alexandre Lacazette dengan biaya 46,5 juta pound, sementara Liverpool merekrut Mohamed Salah yang dihargai 34 juta pound.

Chairman Spurs Daniel Levy menegaskan timnya memang punya pendekatan sendiri di bursa transfer. Malah menurutnya, yang dilakukan sejumlah tim di bursa transfer kali ini hanyalah fenomena sesaat karena pada akhirnya harus mengejar keseimbangan finansial.

“Kami punya sebuah tugas untuk menangani klub dengan tepat. beberapa aktivitas yang berlangsung saat ini mustahil untuk dilakukan secara berkelanjutan,” katanya dikutip BBC.

“Seseorang membelanjakan 200 juta pound sterling, lebih dari yang mereka dapatkan. Pada akhirnya itu melampaui Anda dan Anda tak bisa terus melakukannya,” tandasnya.