Belanja Everton dan West Ham adalah Ancaman untuk Enam Besar Premier League

Jakarta West Ham United membidik titel juara cetus Jose Mourinho menyoal aktivitas transfer The Hammers. Mourinho dan manajer klub papan atas lain harusnya tak cuma mewaspadai West Ham karena ada juga Everton yang menggeliat di bursa transfer.

Javier Chicharito Hernandez jadi nama terbaru yang masuk skuat West Ham untuk musim 2017/2018. Dia diboyong dari Bayer Leverkusen dengan nilai 16 juta poundsterling.

Chicharito membuat 59 gol saat memperkuat MU dari 2010 sampai 2015, untuk kemudian bergabung dengan Leverkusen dan menjadi tambah subur di sana. Di Premier League dia punya rasio gol permenit yang impresif: satu gol setiap 130,2 menit. Dia duduk di posisi lima daftar pemain dengan rasio gol per menit paling tinggi sepanjang sejarah Premier League.

Penyerang asal Meksiko itu diharapkan bisa jadi amunisi utama West Ham untuk mengangkat mereka ke papan atas. The Hammers sudah sudah melakukan aktivitas transfer yang sangat baik di musim panas ini. Selain meminjam Joe Hart dari Manchester City, mereka telah mendapatkan Pablo Zabaleta (juga dari City), serta memboyong Marco Arnautovic dari Stoke City.

West Ham finis di posisi 11 musim lalu, hasil yang mengecewakan jika dibanding penampilan oke di musim sebelumnya saat mereka sempat bertarung di posisi empat besar.

Persaingan papan atas Premier League berpotensi makin ramai jika melihat aktivitas transfer Everton. The Toffees memang ditinggal Romelu Lukaku yang menyeberang ke Manchester United, tapi mereka melakukan pembelian yang bisa membuat seluruh fansnya menaruh harapan besar di musim 2017/2018.

Yang utama tentu saja kepulangan Wayne Rooney. The Hammers juga membayar mahal untuk Jordan Pickford, yang kini menjadi kiper paling mahal Inggris setelah diboyong dengan harga 30 juta poundsterling dari Sunderland. Everton juga banyak dipuji atas keberhasilan mendatangkan Michael Keane.

Jangan lupakan juga Davy Klaassen yang musim lalu bikin 14 gol untuk Ajax Amsterdam, juga penyerang muda Spanyol jebolan La Masia, Sandro Ramírez, yang ditebus dari Malaga. Sang striker bikin 14 gol dari 30 penampilan di La Liga musim kemarin.

Belanja Everton belum berhenti sampai di situ. Manajemen klub membuktikan mereka berani mengeluarkan uang banyak saat menawar Gylfi Sigurdsson dengan harga 45 juta poundsterling. Kabar terbaru, Swansea menolak penawaran yang diajukan.

Selain dua kali dihajar Chelsea di musim lalu, Everton tampil cukup solid saat berhadapan dengan tim papan atas. Menuntaskan musim di posisi tujuh membuka peluang skuat Ronald Koeman untuk dapat hasil lebih oke di musim mendatang. Dan di bursa transfer musim panas ini, Koeman mendapatkan amunisi yang dia butuhkan untuk bersaing dengan duo Manchester, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan tentunya Liverpool.

Transfer Everton Musim Ini
Masuk
Nathangelo Markelo
Davy Klaassen
Henry Onyekuru
Jordan Pickford
Michael Keane
Sandro Ramírez
Boris Mathis
Josh Bowler
Wayne Rooney
Cuco Martina

Keluar
Jack Bainbridge
Delial Brewster
Tom Cleverley
Gerard Deulofeu
Michael Donohue
Tyrone Duffus
Russell Griffiths
Connor Hunt
Arouna Koné
Conor McAleny
Josef Yarney
James Yates
Romelu Lukaku
Aiden McGeady
Courtney Duffus

Transfer West Ham Musim Ini
Masuk
Pablo Zabaleta
Anouar El Mhassani
Javier Hernández
Marko Arnautović

Keluar
Álvaro Arbeloa
Sam Ford
Sam Howes
Kyle Knoyle
Sam Westley
HÃ¥vard Nordtveit
Stephen Hendrie
Raphael Spiegel
Enner Valencia
George Dobson
Darren Randolph