Mourinho Terus di MU Sampai 15 Tahun Lagi

Jose Mourinho mengaku siap menjadi manajer Manchester United sampai 15 tahun lagi. Mourinho ingin mengembalikan stabilitas MU seperti era Sir Alex Ferguson.

Manajer Portugal itu memasuki musim keduanya melatih Setan Merah. Di musim perdananya, Mourinho mengantar MU menjuarai Piala Liga Inggris dan Liga Europa, meskipun hanya finis keenam di Premier League.

Di musim 201718, Mourinho diharuskan menjadikan Michael Carrick dkk. sebagai pesaing kuat juara liga. Apalagi, MU sudah berinvestasi besar dengan mendatangkan Romelu Lukaku dan Victor Lindeloef, bahkan kemungkinan masih belum akan berhenti belanja pemain.

Sepanjang kariernya, Mourinho paling lama melatih sebuah klub ialah ketika membesut Chelsea dari Juni 2004 hingga September 2007. Kini, di MU, Mourinho ingin jauh lebih lama lagi.

“Saya siap untuk ini. Saya siap untuk 15 tahun berikutnya, bisa dibilang begitu,” ungkap Mourinho kepada ESPN. “Di sini? Ya, mengapa tidak? Saya harus mengakui bahwa sangat sulit karena adanya tekanan di sekitar pekerjaan kami, semua orang menempatkan tekanan pada manajer dan banyak hal yang orangorang katakan kami harus menang. Namun, pada kenyataannya hanya satu tim yang bisa menang dan setiap tahun semakin sulit.”

“Tapi apa yang saya coba lakukan di klub adalah memperlihatkan bahwa pekerjaan saya lebih jauh daripada hasilhasil sepakbola, meliputi area yang banyak orang tidak berpikir sebagai pekerjaan manajer. Di dalam visi saya, pekerjaan saya lebih daripada apa yang bisa saya lakukan di atas lapangan dan hasilhasil yang didapat tim saya di akhir pekan.”

Ferguson pensiun pada 2013, menandai akhir eranya di MU yang telah berjalan selama lebih dari seperempat abad. Selama ditukangi Ferguson, MU mendominasi sepakbola Inggris namun hancur begitu ditinggal sang arsitek.

“Klub ini, untuk bertahuntahun lamanya, adalah Sir Alex. Orangorang sudah terbiasa. Orangorang paham konsekuensi terbesar dari stabilitas itu,” lanjut Mourinho.

“Setelah David (Moyes) dan Mr. (Louis) Van Gaal, saya tiba di musim kedua saya dan mudahmudahan saya bisa bertahan dan memberikan stabilitas yang diinginkan klub. Saya akan mencoba, tapi lagi, saya akan harus pantas mendapatkan hal itu, tapi itulah yang saya coba setiap hari yang saya kerjakan,” papar mantan manajer Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid ini.