Jawaban Jitu Klopp terhadap Pertanyaan soal Kans Juara Liverpool

Manajer Liverpool Juergen Klopp memberi sebuah jawaban jitu, yang logis dan memancing tawa, terhadap pertanyaan mengenai kans juara Liverpool di Premier League.

Liverpool adalah tim tersukses kedua setelah Manchester United dalam hal jumlah trofi liga teratas di Inggris. Namun, The Reds belum pernah melakukannya di era Premier League, dengan titel liga terakhirnya diraih pada tahun 1990.

Sebagai salah satu klub top Inggris, pertanyaan mengenai “peluang juara” acapkali mengiringi langkah Liverpool menjelang musim baru. Tak terkecuali di pramusim jelang 2017/2018.

Dalam konferensi pers di Hong Kong, seorang wartawan BBC mencetuskan pertanyaan tersebut kepada Klopp. “Juergen, apa Anda bisa menjuarai Premier League musim ini?”.

Sepintas lalu ini adalah sebuah pertanyaan biasa. Tapi lantaran itu pula jawabannya pun mestinya sudah jelas atau normatif alias biasabiasa saja. Klopp menjawabnya persis dengan begitu, ditambah dengan bumbu humor.

“Peraturannya menyatakan bahwa setiap tim bisabisa saja menjuarai Premier League, kan? Maka jelas saja hal itu (menjuarai Premier League) adalah sebuah kemungkinan,” jawabnya dengan senyum lebar, memancing tawa kecil di ruangan.

Si pewawancara rupanya belum mendapat jawaban yang ia inginkan dan bertanya lagi apa yang sudah membuat Klopp yakin bahwa timnya punya peluang menjuarai liga. Klopp tersenyum kian lebar lalu menjawab, lagilagi dengan nada berkelakar, “Peraturannya membuat hal itu mungkin, jadi begitulah. Saya pikir BBC seharusnya jadi media yang serius.”

Jürgen Klopp telling off the media. Standard. pic.twitter.com/SSEODH3mST

SH (@Sennesation) July 18, 2017

Setelah itu Klopp memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai peluang juara Liverpool di Premier League musim 2017/2018 mendatang. Ia menyatakan timnya akan berusaha menjadi kampiun, tapi tak ada gunanya bicara iniitu sebelum musim dimulai.

“Indahnya Premier League adalah tak ada yang tahu apa yang akan terjadi sampai akhir musim, jadi mungkinmungkin saja buat kami semua (untuk jadi juara). Itu gambaran bagus,” kata Klopp.

“Akan tetapi, mengatakannya hari ini dan menjadikannya beban tidaklah membantu untuk mewujudkannya. Saya merasa sangat positif untuk musim depan. Saat ini kami cuma harus bekerja keras, bukan berkhayal,” tuturnya.