Bagaimana Debut Kiper Termahal Dunia Ederson Moraes Bersama City?

Jakarta Ederson Moraes akhirnya menjalani debut bersama Manchester City. Berstatus kiper termahal dunia, bagaimana penampilannya saat berhadapan dengan Manchester United?

Moraes dibeli City dari Benfica dengan harga 35 juta pound sterling. Angka tersebut menjadikan pesepakbola 23 tahun asal Brasil itu sebagai penjaga gawang termahal di dunia.

City membayar mahal Moraes demi memperbaiki kualitas jajaran penjaga gawang yang mereka punya. Musim lalu The Citizens punya Claudio Bravo yang diboyong dari Barcelona, tapi dia membuat terlalu banyak kesalahan dan akhirnya lebih sering jadi cadangan.

Jumat (21/7/2017) hari ini Moraes dapat kesempatan menjalani debut bersama City. Di Houston, Amerika Serikat, dia mengawal gawang tim barunya dalam laga ujicoba dengan MU. Bermain penuh 90 menit, Moraes menjalani penampilan yang tak terlalu meyakinkan. City kalah 02.

Dia malah membuat kesalahan yang berujung terciptanya gol pertama MU. Memutuskan keluar dari sarangnya untuk menghalau Romelu Lukaku yang sudah mengalahkan bekbek City, Moraes kalah cepat dalam upayanya memotong bola.

Kegagalan tersebut membuat Lukaku tinggal berhadapan dengan gawang yang kosong dan dengan leluasa menceploskan bola.

Hanya berselang dua menit, gawang Moraes kembali kebobolan. Kali ini melalui tendangan Marcus Rashford dari dalam kotak penalti.

Di babak kedua Moraes kembali nyaris memungut bola dari dalam gawangnya. Namun kali ini dia berhasil menepis tembakan Rashford.

Moraes kemudian membuat beberapa penyelamatan lain meski tidak krusial. Di akhir laga, ESPNFC mencatat kalau Moraes membuat empat penyelamatan.

Josep Guardiola dan seluruh pendukung City berharap kesalahan yang dilakukan Moraes tidak terulang lagi, atau bahkan menjadi penyakit sebagaimana terjadi pada Bravo.

Sampai musim baru Premier League 2017/2018 dimulai, Ederson masih harus banyak memberi bukti kalau dia bisa diandalkan berdiri di antara mistar gawang.