Lucas Tinggalkan Liverpool demi Kesempatan Main yang Lebih Besar

Liverpool Lucas Leiva mengakui bahwa minimnya kesempatan bermain jadi alasan utamanya meninggalkan Liverpool. Gelandang asal Brasil itu merasa Lazio bisa memberinya lebih banyak kesempatan.

Lucas resmi hengkang dari Liverpool pada Selasa (18/7/2017) setelah satu dekade memperkuat klub tersebut. Pemain berusia 30 tahun itu hijrah ke Serie A setelah menerima tawaran Lazio.

Selama berkostum The Reds, Lucas bermain pada 346 pertandingan dan meraih trofi Piala Liga Inggris pada musim 2011/2012. Namun, dia cuma 12 kali menjadi starter di Premier League musim lalu karena kesulitan bersaing dengan Emre Can, Jordan Henderson, dan Georginio Wijnaldum.

Oleh karena itu, demi waktu bermain yang sesuai harapannya, Lucas memilih untuk berganti klub meski dengan berat hati.

“Ini adalah salah satu klub terbesar di dunia dan saya sebenarnya berniat untuk menghabiskan sisa karier saya di sini, tapi makin jarang saya main, saya makin menyadari bahwa saya harus pindah ke klub lain jika ingin main sebanyak yang saya bisa,” ujar Lucas dalam surat perpisahannya dengan Liverpool.

“Ketika Anda mencintai sebuah klub dan sebuah kota seperti saya mencintai Liverpool, itu bukanlah keputusan yang mudah. Hal paling gampang yang bisa saya lakukan adalah bertahan di sini selama yang saya bisa, meski saya tahu tak akan main begitu sering. Namun, itu akan bertentangan dengan segala yang saya yakini sebagai seorang pesepakbola dan seorang kompetitor.

“Karena alasan itulah saya akan bergabung dengan Lazio, yang berarti kesedihan saya saat meninggalkan Liverpool akan disertai dengan sebuah antusiasme nyata karena saya akan memperkuat sebuah klub besar Italia.

“Sebelum saya memutuskan untuk mengambil kesempatan pindah ke Italia, saya mendiskusikan situasi saya dengan Juergen Klopp dan cara dia menghadapi hal ini sekali lagi memperlihatkan betapa dia menghargai para pemainnya. Saya berterima kasih kepadanya dan semua manajer yang pernah bekerja dengan saya di Liverpool, terutama mereka yang memercayai saya ketika melakukan hal sebaliknya akan lebih mudah.

“Prioritas saya sekarang adalah menatap babak baru dalam karier saya dengan keyakinan sehingga saya bisa berkontribusi untuk Lazio seperti ketika saya membantu Liverpool,” kata Lucas.

Di Lazio, Lucas berpeluang tampil secara reguler untuk menggantikan Lucas Biglia yang barubaru ini pindah ke AC Milan.