Transfer Kyle Walker Dinilai Menguntungkan Semua Pihak

Tottenham Hotspur merelakan Kyle Walker pergi ke Manchester City musim panas ini. Padahal Walker masih merupakan salah satu bek kanan terbaik di Inggris.

Spurs melepas Walker ke City dengan transfer senilai 50 juta poundsterling. Kepindahan bek 27 tahun itu cukup mengejutkan karena The Lilwywhites menjualnya ke tim yang berpotensi menjadi rival langsung di persaingan Premier League.

Tapi eks kapten Spurs Gary Mabbutt menilai langkah ini sebenarnya cukup cerdik. Spurs sukses mendapatkan uang besar, sementara di posisi bek kanan masih punya pemain yang punya kualitas setara yakni Kieran Trippier.

Dia meyakini Walker menginginkan pergi karena merasa posisinya di tim utama juga tak amanaman betul. Musim lalu dia diandalkan di liga dengan 33 kali tampil, tapi Trippier diberikan kesempatan lebih di ajang lainnya seperti Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Champions.

Maka Mabbutt pun menilai transfer ini sebagai transfer yang menguntungkan semua pihak.

“Kebanyakan orang akan setuju Kyle Walker merupakan salah satu bek kanan terbaik di negeri ini. Dia adalah abdi yang menakjubkan untuk Spurs,” katanya dikutip Sky Sports.

“Tapi Kieran Trippier bersaing dengannya untuk posisi bek kanan musim lalu dan pemain manapun akan ingin bermain tiap pekan. Nilai transfernya sangat besar, tapi saya rasa kepindahan itu menguntungkan untuk Kyle dan klub.”

“Kesempatannya datang untuk Man City, Kyle kemarin tidak mendapatkan penampilan secara reguler. Dan ada Piala Dunia tahun depan dan dia ingin terlibat,” imbuh pria yang kini menjadi duta Spurs ini.