Rekor Klub Rp346 Miliar, Bournemouth Boyong Bek Chelsea

AFC Bournemouth pada Jumat (30/6/2017) memastikan kedatangan bek tengah Nathan Ake dari juara Liga Primer Inggris Chelsea dengan nilai transfer yang tidak disebutkan secara terbuka, namun diyakini menjadi rekor transfer klub.

Pemain belakang berusia 22 tahun itu hanya tampil dalam 17 pertandingan untuk Chelsea sejak bergabung 6 tahun silam dan telah berada di AFC Bournemouth pada paruh pertama musim lalu dengan status pinjaman.

Dia bermain dalam 12 pertandingan dan ikut mengontribusi tiga gol selama separuh musim di Bournemouth sampai pada Januari lalu pelatih Chelsea Antonio Conte memanggilnya pulang ke London.

“Saya melewati masa yang hebat musim lalu di sini, sehingga saya sangat senang bisa kembali,” ujar Ake dalam website resmi Bournemouth (www.afcb.co.uk) untuk kepindahan permanen yang dilaporkan media Inggris bernilai 20 juta pound (Rp346,48 miliar) yang merupakan rekor klub berjuluk The Cherries.

“Saya menyukai tantangan. Ini langkah baru dan tempat yang tepat untuk lebih membangun diri. Dengan bantuan manajer di sini (pelatih Eddie Howe), saya tahu saya akan tetap bisa berkembang dan menjadi pemain yang lebih baik,” lanjut Ake.

Nathan Benjamin Ake, begitu nama lengkap pemain kelahiran The Hague, Belanda, memulai karier profesional di Chelsea setelah melalui masa junior di dua klub kondang Belanda, ADO Den Haag dan Feyenoord Rotterdam.

Bersama Chelsea, dia lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pinjaman. Sebelum di AFC Bournemouth, juga dipinjamkan ke dua klub Inggris lainnya, Watford dan Reading.

Pelatih Eddie Howe mengungkapkan rasa senangnya bisa mendatangkan Ake dengan basis permanen. “Nathan seorang pemain muda dengan sikap yang bagus. Dia memiliki hasrat kuat untuk selalu belajar dan mengembangkan diri. Masa depannya cerah dan saya senang masa depannya itu ada di sini.”

Nathan Ake, yang sebenarnya berdarah Pantai Gading, mempunyai dua caps untuk Timnas Belanda. Dia memulai debut untuk negara kelahirannya pada 1 Juni 2017 ketika Belanda menaklukkan Maroko 2-1 dalam pertandingan uji coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *